Inovasi Pengolahan Buah Nanas Sebagai Optimalisasi Potensi Lokal

Main Article Content

Ahmad Zamzami
Ahmad Akbar
Lilis Fauziah Balgis

Abstract

Desa Sukaharja adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang memiliki banyak potensi termasuk salah satunya adalah perkebunan buah nanas. Hasil budidaya buah nanas di Desa Sukaharja sangat melimpah namun belum dioptimalkan oleh masyarakat dari sisi pengolahannya. Masyarakat Desa Sukaharja lebih memilih menjual langsung buah nanas yang dipanen dari perkebunan dengan harga yang murah tanpa adanya pengolahan yang mendorong peningkatan nilai harga jual dan pendapatan masyarakat, sehingga diperlukan adanya inovasi pengolahan buah nanas pada masyarakat Desa Sukaharja menjadi produk yang memiliki harga nilai jual yang lebih tinggi. Tujuan dari program ini adalah mendorong masyarakat untuk mampu mengoptimalkan potensi lokal buah nanas melalui inovasi pengolahan buah nanas menjadi produk yang memiliki nilai harga yang lebih tinggi. Metode yang dilakukan adalah melalui pelatihan secara langsung proses pembuatan olahan buah nanas kepada pemuda dan masyarakat umum Desa Sukaharja. Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakannya program ini adalah adanya inovasi produk olahan buah nanas yang lebih kreatif dan inovatif berupa wajit nanas dan sambal nanas serta masyarakat sekitar lebih memahami cara memanfaatkan potensi yang ada di sekitar.

Article Details

How to Cite
Zamzami, A., Akbar, A., & Balgis, L. F. (2023). Inovasi Pengolahan Buah Nanas Sebagai Optimalisasi Potensi Lokal. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 295–303. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i3.10236
Section
Articles

References

Hindasah, I. J., & Dewi, A. (2021). Pengolahan Inovasi Ubi Jalar Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kampung Mekarjaya Desa Padamulya Kecamatan Pasirkuda. Bogor: ALMUJTAMAE.

Laily, I. Manfaat Buah Nanas dan Efek Sampingnya. diakses pada Sabtu, Oktober 2021. Retrieved from Dkatadata.co.id: https://katadata.co.id/iftitah/berita/6178b7b4ae4ee

Nursyamsiah, S., & Qomaruddin. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Inovasi Produk Olahan Ubi. Bogor: ALMUJTAMAE.

Rohaenah, S. H., Wijayanti, S. W., Munawar, W., Ekoresti, S. N., Rubyasih, A., & Komarudin, M. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 93-98.

Wikipedia. (2022, Agustus Kamis). Nanas. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Nanas