Optimasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Itikuri” dalam Peningkatan Kepercayaan Pasar

Authors

  • Resti Yektyastuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda
  • Anas Alhifni Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda
  • Gina Wulandari Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.10224

Keywords:

Ekonomi, Optimasi UMKM, Produk Makanan, Sertifikasi Halal.

Abstract

Optimasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) "ITIKURI" dalam produksi dan penjualan kue tradisional telah menghasilkan pencapaian yang signifikan. Melalui pendaftaran NIB, sertifikasi halal, pembuatan NPWP, dan pengembangan merk/logo, ITIKURI memperoleh legalitas resmi, kepercayaan pelanggan, dan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan bisnis. Hasil ini memungkinkan mereka untuk beroperasi secara sah, memasarkan produk halal berkualitas, mematuhi peraturan pajak, dan membangun identitas merek yang kuat. Dalam rangka mengoptimalkan operasi bisnis ITIKURI, telah diidentifikasi empat langkah kunci yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka. Pertama, pendaftaran NIB akan memberikan legalitas resmi yang diperlukan bagi bisnis mereka. Kedua, sertifikasi halal akan membantu memperluas pangsa pasar mereka. Ketiga, pembuatan NPWP memastikan ketaatan perpajakan dan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Terakhir, pembuatan merk dan logo akan membantu membedakan produk mereka dan membangun identitas merek yang kuat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ITIKURI dapat mempertahankan eksistensinya di pasar, mengembangkan pelanggan setia, dan memperkaya tradisi kuliner Indonesia dengan produk kue tradisional berkualitas. Penting untuk tetap berkomunikasi dengan instansi terkait dan memanfaatkan bantuan profesional saat diperlukan. Selain itu, upaya pemasaran dan promosi juga akan menjadi faktor penting dalam mengenalkan produk mereka kepada pelanggan potensial. Dengan demikian, ITIKURI dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi daerah dan negara.

References

Ainun, Nurul, Altri Wahid, dan Rian Maming. Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 6, no.1(2023) : 674-681

Hapsari, CM (2022). Penyuluhan dan Simulasi Dalam Proses Pembuatan Nomer Induk Berusaha (NIB) Bagi Kelompok Wanita Tani Anugerah Guwosari. HIKMAYO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–56. http://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/49/35

Ika Wulandari, & Martinus Budiantara. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 386–394. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8205

Sugenda, Y. M., Muljaningsih, S., Wahed, M. (2022). Pendampingan Pendaftaran NIB dan Pelatihan Media Sosial Guna Meningkatkan Ekonomi UMKM di Kelurahan Bulak. MANGENTE: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2 (1), 52-58. https://mail.iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/PN/article/view/3070

W. Widayat, S. Sulardjaka, A. Al-Baarri, and R. Nurjannah. (2020). Pendampingan Sertifikasi Halal pada UMKM HANUM FOOD (Halal Certification Support in UMKM HANUM FOOD). Indonesia Journal of Halal, vol. 3, no. 1, pp. 83-87. https://doi.org/10.14710/halal.v3i1.9189

Wahyuningsih, S. Peran UKM Dalam Perekonomian Indonesia. Mediagro 5, no. 1 (2009): 1-14

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Yektyastuti, R., Alhifni, A., & Wulandari, G. (2024). Optimasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Itikuri” dalam Peningkatan Kepercayaan Pasar. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 67–73. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.10224

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1 times