Gerakan Gaya Hidup Halal di SMKN 3 Depok: Food, Fashion & Transaction

Main Article Content

Prima Dwi Priyatno
Dewi Darmastuti
Agus Maulana

Abstract

Survei “Kesadaran Halal  Generasi Milenial Muslim  di Indonesia” menunjukkan bahwa sebagian besar generasi milenial Muslim masih kurang memahami kriteria produk halal. Kesadaran Halal atau Halal awareness merupakan tingkat pemahaman umat Islam dalam mengenali permasalahan terkait konsep Halal. Tujuan dilaksanakannya layanan ini adalah untuk mensosialisasikan  sekaligus meningkatkan kesadaran tentang gerakan gaya hidup halal. Diharapkan para peserta mendapatkan lebih banyak informasi dan  pengetahuan terkait gaya hidup Halal khususnya di bidang makanan, fashion dan keuangan. Metode yang dilakuan dengan cara sosialasi dan kampanye, dengan tahapan pertama melakukan audiensi dengan Pimpinan SMA Negeri 3 Depok untuk mengetahui profil sivitas akademika di lingkungan sekolah lalu melakukan memberikan pre-test/kuesioner kepada  peserta, hal ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur pemahaman peserta terhadap gaya hidup halal. Melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran dalam bentuk seminar/konferensi. Hasil kegiatan ini dapat dilihat adanya peningkatan, menunjukan pergerakan yang positif, dapat dilihat dari grafik pada gambar 5, nilai terendah masih ada diangka 20 untuk 1 orang siswa, namun nilai tertinggi naik menjadi 100 pada lebih dari 5 orang siswa, dan rata-rata nilai yang dihasilkan dari post-test adalah 77.88, nilai rata-rata bertambah sebesar 67%, dimana nilai rata-rata hasil pre-test 52.50.

Article Details

How to Cite
Priyatno, P. D. ., Darmastuti, D., & Maulana, A. (2023). Gerakan Gaya Hidup Halal di SMKN 3 Depok: Food, Fashion & Transaction. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.10089
Section
Articles

References

Antara. (2020). Ma’ruf Amin Targetkan Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Terbesar pada 2024. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1399023/maruf-amin-targetkan-indonesia-jadi-produsen-produk-halal-terbesar-pada-2024

Bank Indonesia. (2021). Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2021. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Budiman. (2021). ANALISIS LITERASI KEUANGAN MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH DI RANGKASBITUNG. Aksioma Musaqoh: Journal of Islamics Economics and Business Studies, 4(2), 72–90.

Fauziah, Rosyidi, A., Koeswinarno, Abidin, Z., Fakhruddin, Ruhana, A. S., Nofandi, A., Junaedi, E., & Mulyono, A. (2021). Sudahkah Muslim Milenial Indonesia Sadar Halal? In Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 65–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.65-77

OJK. (2022). Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Samsul, Muslimin, S., & Jafar, W. (2022). Peluang dan Tantangan Industri Halal Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 4(1), 12–24.