PELATIHAN GURU SMA DALAM PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTIK

Authors

  • Elfira Febriani Harahap, S.TP, M.Si Universitas Trisakti, Indonesia
  • Rina Fitriana Universitas Trisakti, Indonesia
  • Ratna Mira Yojana Universitas Trisakti, Indonesia
  • Wawan Kurniawan Universitas Trisakti, Indonesia
  • Dedy Sugiarto Universitas Trisakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.7480

Keywords:

Pengendalian Kualitas, Seven Tools, Guru SMA

Abstract

Kualitas sangat penting dalam memenuhi keinginan pelanggan baik dalam manufaktur maupun jasa. Pengendalian kualitas perlu dilakukan kepada tenaga pendidik untuk terus menjaga kualitas dalam hal belajar mengajar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan di SMAS Syafana Islamic School dimana pengendalian kualitas yang dilakukan hanya sebatas analisis deskriptif dan perhitungan secara manual yang dilakukan guru dari hasil mengajar mereka. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan guru SMA Syafana Islamic School dalam melakukan monitoring kualitas dengan metode statistika. Pendekatan  yang dilakukan pada kegiatan ini adalah pendekatan visualitatif dengan peran  utama  tim  adalah  memberikan pelatihan mengenai pengendalian kualitas dengan metode statistika. Materi yang diberikan adalah pengertian pengendalian kualitas, seven tools, dan contoh penerapan. Sebelum kegiatan ini, sebanyak 90% diantara peserta telah melakukan evaluasi sistem mengajar dengan analisis deskriptif. Namun, sebelum dilakukan kegiatan ini, 85% diantara peserta belum mengetahui tentang pentingnya pengendalian kualitas dan belum melakukan evaluasi kualitas baik dalam sistem mengajar dengan metode statistik. Setelah kegiatan, berdasarkan kuesioner, peserta merasa cukup puas dengan kegiatan yang dilakukan dan selebihnya merasa sangat puas baik dari materi yang diberikan, pemateri dan teknik penyampaian. Selain itu dengan adanya kegiatan ini, menambah pengetahuan peserta bahwa banyak alat statistik yang dapat digunakan untuk evaluasi kualitas.

References

Walujo, D. A., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian Kualitas. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Mashuri, M., Suharsono, A., Wibawati, Ahsan, M., Khusna, H., Aksiona, D. F., & Suhermi, N. (2022). Pengendalian Kualitas Statistika Dasar Bagi Staf Quality Assurance PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 147-158.

Amadi, J., Siregar, H., Saputra, A., & Hasan, J. (2022). Pelatihan Metode Pengendalian Kualitas untuk UMKM Binaan Lembaga Penelitian Bisnis dan Ekonomi (LPBE) Medan. Pubarama Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kiki, E., Lie, D., Efendi, & Sisca. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) untuk Meningkatkan Kualitas Produk yang Dihasilkan Pada CV Bina Tehnik Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Ratnadi, & Suprianto, E. (2016). Pengendalian Kualitas Produksi Menggunakan Alat Bantu Statistik (Seven Tools) Dalam Upaya Menekan Tingkat Kerusakan Produk. INDEPT, 10-18.

Saputra, A. E., & Mahbubah, N. A. (2021). Analisis Seven Tools Pada Pengendalian Kualitas Proses Vulkanisir Ban 1000 Ring 20 Di CV Citra Buana Mandiri Surabaya . STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 252-262.

Walpole, R. E., Myers, R. H., & Myers, S. L. (2012). Probability and statistics for engineers and scientists 9th Edition. Prentice Hall

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Harahap, S.TP, M.Si, E. F., Fitriana, R., Yojana, R. M., Kurniawan, W., & Sugiarto, D. (2024). PELATIHAN GURU SMA DALAM PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN ALAT BANTU STATISTIK. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 193–197. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.7480

Issue

Section

Articles