SCALE UP UMKM DESA BATEGEDE MELALUI DIGITAL BRANDING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM MEWUJUDKAN SDGs DESA

Authors

  • Indra Kurniawan Politeknik Balekambang Jepara
  • Yasa Maulana Politeknik Balekambang Jepara
  • Muhammad Kamali Politeknik Balekambang Jepara
  • Muhammad Sulthony Politeknik Balekambang Jepara
  • Irsyadul Ibad Politeknik Balekambang Jepara
  • Alfani Achmad Izza Politeknik Balekambang Jepara
  • Via Fitriana Politeknik Balekambang Jepara
  • Fina Ristia Nanda Politeknik Balekambang Jepara
  • Ayu Ardyana Amalya Politeknik Balekambang Jepara
  • Dewi Antari Politeknik Balekambang Jepara
  • Ulil Absor Politeknik Balekambang Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i1.7008

Keywords:

Bategede, Digital Branding, UMKM, Peningkatan Ekonomi

Abstract

Desa Bategede yang berada di daerah Pegunungan membuat warga Desa Bategede kurang mengikuti perkembangan teknologi. Selama ini pelaku UMKM Desa Bategede hanya mengandalkan penjualan offline dengan pendapatan yang masih belum stabil. Sehingga kami mengangkat judul “Scale Up UMKM Desa Bategede Melalui Digital Branding Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Dalam Mewujudkan SDGs Desa” dengan harapan dapat membawa perubahan positif terhadap pelaku UMKM di Desa Bategede yang nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa Bategede. Kegiatan ini berlangsung dari bulan Agustus – November 2022. Kegiatan dibagi menjadi 8 tahap yaitu: pendataan peserta, perancangan logo umkm, pengembangan packaging produk umkm, desain promosi digital, umkm menuju e-commerce, pembutaan video promosi umkm, website digital branding, dan akses permodalan & manajemen kelola tata keuangan. Hasil dari kegiatan ini adalah para mitra sudah mampu melakukan pengelolaan usahanya dengan baik, khususnya dalam bidang digital branding dan marketing, para mitra mampu membuat desain logo yang sesuai dengan usaha mereka masing-masing, para mitra mampu membuat desain packaging beserta label yang bernilai jual tingg, terbentuknya kemampuan mitra dalam pembuatan desain promosi yang menarik  melalui aplikasi Canva. Website Digital Branding nantinya akan juga dikelola oleh Karang Taruna Desa Bategede untuk menunjang kemajuan UMKM Desa Bategede kedepannya. Anggota PKK yang telah mengikuti kegitatan ini nantinya akan menjadi kader yang  bisa mengajarkan ilmu yang telah didapatkan kepada anggota PKK atau UMKM lainnya.

References

Abiyasa, A. P. 2022. “Meningkatkan Pemasaran Minyak Kelapa Melalui Digital Marketing.” Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada … 8(April):75–78.

Fatma, Yulia, Januar Al Amien, and Riski Hakiki. 2022. “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Pegawai Di Klinik Bunda Medical Center (BMC) Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW).” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology) 2(2):1–9.

Invetasi, Kementrian. n.d. “Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia.” Retrieved (https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia).

Setiawan, Agus, Didin Wahidin, Minarti, and Soecipto. 2022. “Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Mahasiswa Vokasi.”

Triwidatin, Yuppy. 2022. “Digital Marketing As an Effort To Increase Marketing Promotion in the Industrial Era 4.0 for Msme Actors, Prosperous Convection Group.” Jurnal Qardhul Hasan 8(1):62–74.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Kurniawan, I., Yasa Maulana, Muhammad Kamali, Muhammad Sulthony, Irsyadul Ibad, Alfani Achmad Izza, Via Fitriana, Fina Ristia Nanda, Ayu Ardyana Amalya, Dewi Antari, & Ulil Absor. (2024). SCALE UP UMKM DESA BATEGEDE MELALUI DIGITAL BRANDING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DALAM MEWUJUDKAN SDGs DESA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 26–31. https://doi.org/10.30997/qh.v10i1.7008

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 5 times