PENDAMPINGAN BELAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN MEMBENTUK KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6544Keywords:
learning, motivation, student characterAbstract
ABSTRACT Elementaryschooleducationisaneffortmadetoeducateandproduce a nationlifethatisdevout,lovingandproudofthenationandstate,skilled,creative,ethicalandpoliteandabletosolveitsenvironmentalproblems.LearningactivitiesatSDNTewangDarayurequirelearningassistancetomotivateandshapestudentcharacterandbeabletoovercomeexistingproblems,suchasteaching and learningactivitiesthathavenotbeencarried out properly,andstudentsatSDNTewangDarayulackethicsandmannerstowardsteachersinschools. ThemethodofcarryingoutactivitiesisParticipatoryActionResearch(PAR).Thestagescarriedoutstartfromplanning,implementingandevaluating.Theresultsofthisactivityshowthatthereisanimprovementinstudentlearningoutcomesandstudentcharacter.Ingeneral,thisactivitycanbecarried out wellsoastoprovidegoodbenefitsforthestudents of SDNTewangDarayutoachievetheirgoalsinthefuture. Keywords: learning, motivation, student character ABSTRAKPendidikan sekolah dasar merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan lingkungannya. Aktivitas pembelajaran di SDN Tewang Darayu memerlukan adanya pendampingan belajar guna memotivasi dan membentuk karakter siswa dan mampu mengatasi masalah yang ada, seperti aktivitas belajar-mengajar yang belum terlaksana dengan baik, serta siswa-siswi di SDN Tewang Darayu kurang memiliki budi pekerti dan tata krama terhadap guru-guru di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan adalah Participatory Action Research (PAR). Tahapan yang dilakukan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dan karakter siswa. Secara umum, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga memberikan manfaat yang baik siswa-siswi SDN Tewang Darayu untuk menggapai cita-citanya di masa mendatang.
Kata Kunci: belajar, motivasi, karakter siswa
References
Ashiong P. Munthe. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN. Jurnal Scholaria, 5(2), 3.
Budiyanti, E. (2020). PERANAN PELAKSANAAN PBB (PERATURAN BARIS BERBARIS) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN TERHADAP ANGGOTA PRAMUKA DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020.
Cong Sujana, I. W. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
El Fiah, R., & Putra Purbaya, A. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i2.564
Fattah, N. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Kosda Karya.
Hariwung, A. J. (1989). Supervisi pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Jurnal DIMAS, 18(2), 264. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibarhim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 94.
Nurul Annisa, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Palupi Putri, D. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfaveta.
Sudjana. (2009). Penelitian Proses Motivasi belajar mengajar. Remaja Kosda Karya.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Raja Qrafindo Persada.
Zumaroh, A. K. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Defri Triadi Defri Triadi, Pera Kristina, Rania Rania, Nuni Chrismoneinty, Rizky Oktorilus, Zeffri Lelono, Yemima Eka Mareta, Melan Wulandari, Yang Ying Eksantie, Rayani Rayani, Yenni Sutriani, Paramita Dewi Paramita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.