PENDAMPINGAN BELAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN MEMBENTUK KARAKTER SISWA

Authors

  • Defri Triadi Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Pera Kristina Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Rania Rania Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Nuni Chrismoneinty Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Rizky Oktorilus Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Zeffri Lelono Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Yemima Eka Mareta Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Melan Wulandari Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Yang Ying Eksantie Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Rayani Rayani Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Yenni Sutriani Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya
  • Paramita Dewi Paramita Dewi Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6544

Keywords:

learning, motivation, student character

Abstract

ABSTRACT Elementaryschooleducationisaneffortmadetoeducateandproduce a nationlifethatisdevout,lovingandproudofthenationandstate,skilled,creative,ethicalandpoliteandabletosolveitsenvironmentalproblems.LearningactivitiesatSDNTewangDarayurequirelearningassistancetomotivateandshapestudentcharacterandbeabletoovercomeexistingproblems,suchasteaching and learningactivitiesthathavenotbeencarried out properly,andstudentsatSDNTewangDarayulackethicsandmannerstowardsteachersinschools. ThemethodofcarryingoutactivitiesisParticipatoryActionResearch(PAR).Thestagescarriedoutstartfromplanning,implementingandevaluating.Theresultsofthisactivityshowthatthereisanimprovementinstudentlearningoutcomesandstudentcharacter.Ingeneral,thisactivitycanbecarried out wellsoastoprovidegoodbenefitsforthestudents of SDNTewangDarayutoachievetheirgoalsinthefuture. Keywords: learning, motivation, student character ABSTRAK

Pendidikan sekolah dasar merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan lingkungannya. Aktivitas pembelajaran di SDN Tewang Darayu memerlukan adanya pendampingan belajar guna memotivasi dan membentuk karakter siswa dan mampu mengatasi masalah yang ada, seperti aktivitas belajar-mengajar yang belum terlaksana dengan baik, serta siswa-siswi di SDN Tewang Darayu kurang memiliki budi pekerti dan tata krama terhadap guru-guru di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan adalah Participatory Action Research (PAR). Tahapan yang dilakukan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dan karakter siswa. Secara umum, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga memberikan manfaat yang baik siswa-siswi SDN Tewang Darayu untuk menggapai cita-citanya di masa mendatang.

Kata Kunci: belajar, motivasi, karakter siswa

References

Ashiong P. Munthe. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN. Jurnal Scholaria, 5(2), 3.

Budiyanti, E. (2020). PERANAN PELAKSANAAN PBB (PERATURAN BARIS BERBARIS) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN TERHADAP ANGGOTA PRAMUKA DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Cong Sujana, I. W. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

El Fiah, R., & Putra Purbaya, A. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Fattah, N. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Kosda Karya.

Hariwung, A. J. (1989). Supervisi pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Muhtarom, A. (2018). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Jurnal DIMAS, 18(2), 264. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibarhim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 94.

Nurul Annisa, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558

Palupi Putri, D. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfaveta.

Sudjana. (2009). Penelitian Proses Motivasi belajar mengajar. Remaja Kosda Karya.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Raja Qrafindo Persada.

Zumaroh, A. K. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Defri Triadi, Kristina, P. ., Rania, R., Chrismoneinty, N. ., Oktorilus, R. ., Lelono, Z. ., Eka Mareta, Y. ., Wulandari, M. ., Ying Eksantie, Y. ., Rayani, R., Sutriani, Y., & Paramita Dewi , P. D. . (2024). PENDAMPINGAN BELAJAR UNTUK MEMOTIVASI DAN MEMBENTUK KARAKTER SISWA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 289–295. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.6544

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 12 times