PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASESMEN DIAGNOSTIK KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mardyanto Barumbun a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Borneo Tarakan";}
  • Mety Toding Bua Universitas Borneo Tarakan
  • Ekha Muliani
  • Thea Ramadhani
  • Andi Eka Wulandari
  • Rezky Syahrisofia
  • Andi Kasmawati

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.6434

Keywords:

Kemampuan Literasi dan Numerasi, Learning Loss, Pandemi COVID-19, Pendampingan Asesmen Diagnostik, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kebijakan penutupan sekolah dan pelaksanaan proses belajar dari rumah (BDR) dalam meminimalisir penyebaran COVID-19 menimbulkan terjadinya learning loss, khususnya terkait kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar (SD). Oleh karena itu, mendiagnosis tingkat kompetensi setiap siswa khususnya terkait kemampuan literasi dan numerasinya dianggap perlu. Program pengabdian pada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru SD dalam merancang asesmen diagnosis awal kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode berupa workshop dimana guru didampingi secara langsung dalam pembuatan perangkat asesmen diagnostik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa guru memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam merancang perangkat asesmen diagnosis kemampuan literasi dan numerasi bagi siswa di awal pembelajaran.

References

Alifia, Ulfah, Arjuni Rahmi Barasa, Luhur Bima, Rezanti Putri Pramana, Shintia Revina, and Florischa Ayu Tresnatri. 2020. Learning from Home: Portrait of Teaching and Learning Inequalities in Times of The Covid-19 Pandemic. Vol. 1.

Andrabi, Tahir, Benjamin Daniels, and Jishnu Das. 2021. Human Capital Accumulation and Disasters: Evidence from the Pakistan Earthquake of 2005.

Kaffenberger, Michelle. 2021. “Modelling the Long-Run Learning Impact of the Covid-19 Learning Shock: Actions to (More than) Mitigate Loss.” International Journal of Educational Development 81(December 2020):102326. doi: 10.1016/j.ijedudev.2020.102326.

Kuhfeld, Megan, James Soland, Beth Tarasawa, Angela Johnson, Erik Ruzek, and Jing Liu. 2020. “Projecting the Potential Impact of COVID-19 School Closures on Academic Achievement.” Educational Researcher 49(8):549–65. doi: 10.3102/0013189X20965918.

the Great Schools Partnership. 2013. “LEARNING LOSS.” The Glossary of Education Reform. Retrieved (https://www.edglossary.org/learning-loss/).

World Bank. 2020. The COVID-19 Pandemic: Shocks to Education and Policy Responses.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Barumbun, M., Toding Bua, M., Muliani, E. ., Ramadhani, T., Wulandari, A. E., Syahrisofia, R., & Kasmawati, A. (2023). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASESMEN DIAGNOSTIK KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19 . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.6434

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 40 times