PELATIHAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU MELALUI METODE THINK PAIR SHARE
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.5496Keywords:
artikel ilmiah, guru sekolah dasar, think pair shareAbstract
Salah satu unsur profesionalitas yang harus dipenuhi guru saat ini yaitu berupa penulisan karya ilmiah. Akan tetapi kenyataan di lapangan baru sedikit guru yang mampu menghasilkan atau mampu menulis karya ilmiah dengan baik. Padahal salah satu syarat kenaikan jenjang kepangkatan guru yaitu dengan menulis karya ilmiah. Kegiatan ini didasari dengan permasalahan mitra yaitu guru-guru SD/MI Muhammadiyah di Kecamatan Purwokerto Barat yang masih merasa belum memahami arti penting penutlisan artikel imiah serta keterampilan menulis artikel ilmiah yang belum cukup baik. Berdasarkan pemaparan tersebut diperlukan cara untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilimiah bagi guru, salah satunya dengan cara mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah bagi guru dengan metode TPS (Think Pair Share). Dengan metode Think Pair Share ini para guru diharapkan bisa mengembangkan keterampilan berpikir serta saling bertukar gagasan antar anggota kelompok, bekerja saling membantu mencoba menulis artikel ilmiah dalam kelompok kecil sehingga akan memunculkan suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Kegiatan berjalan lancar dan dari kegiatan tersebut seluruh peserta atusias dalam mengikuti kegiatan. Dari pelatihan ini guru diharapkan nantinya memiliki pemahaman akan pentingnya menulis artikel ilmiah serta mempunyai keterampilan menulis artikel ilmiah sehingga bisa menerbitkan berbagai karya ilmiah.
References
Dewi, C. A., Hendrawani, H., Kurniasih, Y., & ... (2018). Optimalisasi peningkatan profesionalisme guru-guru melalui pelatihan penulisan karya ilmiah. Lumbung Inovasi …, 3. http://jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/lumbunginovasi/article/view/965
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Smpn 3 Ngunut. Jurnal Adimas, 5, 13–17.
Herowati, R. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Untuk Meningkatkan Kualitas Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 85–89.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406.
Paimun, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menulis Artikel Melalui Workshop. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34682
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Sleman: Ar-Ruz Media.
Subaidi, & Nasuka, M. (2018). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Para Guru Madrasah Tsanawiyah. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 112–118. https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/1262/pdf
Sulistyani, A. T. (2010). Peningkatan Keterampilan Menus Artikel Dengan Metode Pembelajaran Kooperati Think Pair And Share Melalui Media Majalah Dinding Pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Kec. Kesesi Kab. Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang Unnes.
Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. The 5th Urecol Proceeding, February, 191–196. http://lpp.uad.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/25.-bambang-sumardjoko-191-198.pdf
Suntoro, S. (2017). Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Baris. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 1(1), 126. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.16
Supriyanto, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1, 1–7.
Sutoyo, Suyatno, Jatmiko, Budi, Susantini, Endang, Widodo, Wahono, Azizah, U. S. A. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK GURU- TRAINING OF THE SCIENTIFIC WRITING FOR THE HIGH SCHOOL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(Skala 4), 158–165.
Yulhendri, Y., Marna, J. E., & Oknaryana, O. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 56. https://doi.org/10.24036/01104530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Nugroho, Lia Mareza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.