PELATIHAN MARKETPLACE SHOPEE PADA HOME INDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.5310Keywords:
Home industri, Entrepreneur, Marketplace, ShopeeAbstract
Home industri merupakan unit usaha yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa Sambirejo kecamatan Geger Kabupaten Madiun adalah salah satu desa yang memiliki banyak industry rumahan. Akan tetapi produk-produk yang dihasilkan masih dipasarkan secara manual, sehingga konsumen yang mengetahui produk tersebut masih terbatas. Dalam situasi pandemic Covid-19, kondisi perekonomian mengalami dampak yang cukup signifikan dan hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat penjualan. Tim pengabdian masyarakat berupaya memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan mengadakan pelatihan marketplace shopee. Strategi pemasaran ini adalah pengalaman baru bagi para pelaku usaha dalam upaya memperluas pemasaran yaitu menggunakan aplikasi shopee sebagai media pemasaran online. Pelatihan dilakukan dengan memaparkan materi mengenai entrepreneur dan pengenalan marketplace shopee. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi, terlihat dari keberhasilan para peserta pelatihan ketika praktek langsung menggunakan shopee, para pelaku usaha berhasil mengupload produk mereka dan mulai memasarkannya melalui apllikasi shopee yang terinstal pada smartphone mereka. Diharapkan dengan strategi baru ini, penjualan produk akan meningkat dan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sambirejo.
Kata Kunci: Home industri, Entrepreneur, Marketplace, Shopee
References
Budiman, D. F., Rahman, A. S., Iqbal, M. S., Elektro, J., & Mataram, U. (2020). Pelatihan Internet Market Place Bagi Pengrajin Tenun Songket Desa Sukerare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. 1(1), 81–84.
Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. . (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210
Irawan, D., & Affan, M. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Mobile Marketplace Pada Kelompok Tani Sayur Desa Torong Rejo Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.16007
Rifai, Z., & Luzi Dwi Oktaviana. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “ Pratistha Harsa ” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.
Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Gata, G., & Ariesta, A. (2021). Pelatihan Marketplace Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Wirausaha Bagi Masyarakat Parung Serab Ciledug. 4(3), 198–204.
Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3760
Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 46–65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kelik Sussolaikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.