PELATIHAN MARKETPLACE SHOPEE PADA HOME INDUSTRI

Main Article Content

Kelik Sussolaikah
Nur Wahyuning Sulistyowati
Liana Vivin Wihartanti
Isharijadi
Meilinda Ike Wulandari
Andien Nugrahaningtyas

Abstract

Home industri merupakan unit usaha yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Desa Sambirejo kecamatan Geger Kabupaten Madiun adalah salah satu desa yang memiliki banyak industry rumahan. Akan tetapi produk-produk yang dihasilkan masih dipasarkan secara manual, sehingga konsumen yang mengetahui produk tersebut masih terbatas. Dalam situasi pandemic Covid-19, kondisi perekonomian mengalami dampak yang cukup signifikan dan hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat penjualan. Tim pengabdian masyarakat berupaya memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan mengadakan pelatihan marketplace shopee. Strategi pemasaran ini adalah pengalaman baru bagi para pelaku usaha dalam upaya memperluas pemasaran yaitu menggunakan aplikasi shopee sebagai media pemasaran online. Pelatihan dilakukan dengan memaparkan materi mengenai entrepreneur dan pengenalan marketplace shopee. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi, terlihat dari keberhasilan para peserta pelatihan ketika praktek langsung menggunakan shopee, para pelaku usaha berhasil mengupload produk mereka dan mulai memasarkannya melalui apllikasi shopee yang terinstal pada smartphone mereka. Diharapkan dengan strategi baru ini, penjualan produk akan meningkat dan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sambirejo.


 


Kata Kunci: Home industri, Entrepreneur, Marketplace, Shopee

Article Details

How to Cite
Sussolaikah, K., Sulistyowati, N. W. ., Wihartanti, L. V. ., Isharijadi, Wulandari, M. I. ., & Nugrahaningtyas, A. . (2022). PELATIHAN MARKETPLACE SHOPEE PADA HOME INDUSTRI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 56–60. https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.5310
Section
Articles

References

Budiman, D. F., Rahman, A. S., Iqbal, M. S., Elektro, J., & Mataram, U. (2020). Pelatihan Internet Market Place Bagi Pengrajin Tenun Songket Desa Sukerare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah. 1(1), 81–84.

Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Hanief, S., Utami Januhari, N. N., & Ratu Asmara, A. . (2020). Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 146–156. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v2i3.210

Irawan, D., & Affan, M. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Mobile Marketplace Pada Kelompok Tani Sayur Desa Torong Rejo Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.16007

Rifai, Z., & Luzi Dwi Oktaviana. (2018). Pelatihan Aplikasi Teknis Online Marketplace Pada Sentra UMKM Banyumas “ Pratistha Harsa ” Untuk Pemasaran Produk Secara Online. Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 593–599.

Shita, R. T., Hin, L. L., Diana, A., Gata, G., & Ariesta, A. (2021). Pelatihan Marketplace Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Wirausaha Bagi Masyarakat Parung Serab Ciledug. 4(3), 198–204.

Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3760

Zuhri, S. (2013). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 46–65.