PENINGKATAN EKSISTENSI UMKM DI JABODETABEK MELALUI KOMUNITAS UKM (Usaha Kaum Milenial) DI ERA PANDEMI

Main Article Content

Muhammad Fakih Kurniawan, S.Si, M.Si
Lia Amalia, S. S., S. T., M. T
Nursyawal Nacing, S. TP., M. Si

Abstract

Jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia setiap tahun bertambah, termasuk UMKM pangan yang dikelola generasi milenial. Hal ini menyebabkan muncul tantangan dalam peningkatan kualitas produk dan pemasaran, terlebih pada era pendemi seperti ini. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mitra guna meningkatkan mutu produk termasuk kemasan dan pemasarannya. Kegiatan ini diikuti oleh 32 mitra dari Jabodetabek dan beberapa kota lain. Metode yang dilakukan adalah pendaftaran mitra, pembuatan grup komunitas, presentasi dan pelatihan online via Google Meet, dan evaluasi. Materi presentasi dibagi menjadi enam sesi yaitu opening class, sistem jaminan halal, sanitasi dan CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik), strategi pemasaran, design kemasan, dan ijin edar produk pangan. Sebanyak 44% peserta memasarkan produknya secara online, 44% secara online dan offline, dan masih terdapat 12% memasarkan produk secara offline. Pada sesi pelatihan design kemasan dilakukan perubahan tampilan kemasan UMKM Nuris Chips menjadi lebih menarik dan kekinian. Hasil pretest dan postest didapatkan peningkatan pengetahuan dari nilai rata-rata pretest 67,22 menjadi 88,33 saat post test.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, S.Si, M.Si, M. F., Lia Amalia, S. S., S. T., M. T, & Nursyawal Nacing, S. TP., M. Si. (2021). PENINGKATAN EKSISTENSI UMKM DI JABODETABEK MELALUI KOMUNITAS UKM (Usaha Kaum Milenial) DI ERA PANDEMI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 131–135. https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4515
Section
Articles

References

Ahmad, A, & Nurhidaya. 2020. Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2) : 134-148

BPOM RI. 2018. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Jakarta : Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Hutami R, L Amalia, S Aminah dan EN Agusta, 2019. Pendampingan Pendaftaran Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) UKM Pangan Berbasis Talas dan Nanas Bogor di Kota Bogor. Jurnal Qardhul Hasan, 5(2):57-63.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, 2020. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) tahun 2017-2018. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Mufrenia ANF, 2016. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2 (2): 48-54.