PERANCANGAN SISTEM RECORDING DATA TERNAK BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK LAPANGAN SMK PETERNAKAN JUARA
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4511Keywords:
sistem recording, data ternak, SMK Peternakan, praktik lapanganAbstract
Pemanfaatan teknologi informasi berkembang sangat pesat di berbagai bidang, termasuk pemanfaatannya pada sistem recording data ternak. Dalam manajemen pemeliharaan hewan ternak di industri, pengaplikasian dan pemanfaatan teknologi ini membutuhkan tenaga kerja yang memahaminya dengan baik. Untuk itu, siswa SMK Peternakan sudah seharusnya diajarkan dan dibekali dengan kemampuan tersebut melalui kegiatan praktik lapangan. Persoalan yang dihadapi SMK Peternakan sebagai mitra PKM saat ini adalah kurangnya pengetahuan para pengajar Praktik Lapangan tentang sistem recording data ternak berbasis teknologi dan kurangnya sarana pendukung penggunaan sistem recording data ternak berbasis teknologi. Selain itu, SMK Peternakan belum dapat mengubah pola pembelajaran lama menuju pola pembelajaran baru yang dituntut pada kurikulum 2013, yaitu pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia serta pola pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai target luaran PKM ini adalah mengidentifikasi masalah dan studi literatur sebagai pedoman penyelesaian masalah, merancang sistem recording data ternak dalam pembelajaran Praktik Lapangan, menyusunan panduan pembuatan QR code, Google Form (Gform) untuk recording data dan tabulasi output data (database) ternak berbasis Google Drive (GDrive) beserta video tutorialnya, menyelenggarakan pelatihan untuk pengajar dan mengujicobakan sistem recording data ternak pada praktikum kepada siswa, mengevaluasi kegiatan, serta menyempurnakan program. Luaran kegiatan ini adalah sistem recording data ternak berbasis QR code disertai panduan pembuatan dan penggunaannya.
References
Widayati, Y.T. (2017). “Aplikasi Teknologi QR (Quick Response) Code Implementasi yang Universal”. Komputaki Vol 3 No. 1 Februaru 2017.
Price, K. (2013). QR Codes for Trainers. Alexandria: The American Society.
Aisuwarya, R., Rahmadya, B. dkk.. (2019). “Implementasi Radio RFID (Radio Frequency Identification) untuk recording Data Sapi Ternak”. Jurnal Hilirisasi IPTEKS Vol. 2 No. 1 Maret 2019.
Permendikbud, (2013). “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan”. Jakarta: Kemendikbud.
Wulandari, A., & Prajanti, S. (2017). “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar Di Kabupaten Kebumen”. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 131-139. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ratu Fenny Muldiani, Yanti Suprianti, Sri Widarti, Farida Agoes, Nita Henita Koesoemah, Defrianto Pratama, Sri Nuryuliyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.