PERANCANGAN SISTEM RECORDING DATA TERNAK BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK LAPANGAN SMK PETERNAKAN JUARA

Main Article Content

Ratu Fenny Muldiani
Yanti Suprianti
Sri Widarti
Farida Agoes
Nita Henita Koesoemah
Defrianto Pratama
Sri Nuryuliyawati

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi berkembang sangat pesat di berbagai bidang, termasuk pemanfaatannya pada sistem recording data ternak. Dalam manajemen pemeliharaan hewan ternak di industri, pengaplikasian dan pemanfaatan teknologi ini membutuhkan tenaga kerja yang memahaminya dengan baik. Untuk itu, siswa SMK Peternakan sudah seharusnya diajarkan dan dibekali dengan kemampuan tersebut melalui kegiatan praktik lapangan. Persoalan yang dihadapi SMK Peternakan sebagai mitra PKM saat ini adalah kurangnya pengetahuan  para pengajar Praktik Lapangan tentang sistem recording data ternak berbasis teknologi dan kurangnya sarana pendukung penggunaan sistem recording data ternak berbasis teknologi. Selain itu, SMK Peternakan belum dapat mengubah pola pembelajaran lama menuju pola pembelajaran baru yang dituntut pada kurikulum 2013, yaitu pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia serta pola pembelajaran yang berpusat kepada siswa.  Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai target luaran PKM ini adalah mengidentifikasi masalah dan studi literatur sebagai pedoman penyelesaian masalah, merancang sistem recording data ternak dalam pembelajaran Praktik Lapangan, menyusunan panduan pembuatan QR code, Google Form (Gform) untuk recording data dan tabulasi output data (database) ternak berbasis Google Drive (GDrive) beserta video tutorialnya, menyelenggarakan pelatihan untuk pengajar dan mengujicobakan sistem recording data ternak pada praktikum kepada siswa, mengevaluasi kegiatan, serta menyempurnakan program. Luaran kegiatan ini adalah sistem recording data ternak berbasis QR code disertai panduan pembuatan dan penggunaannya.

Article Details

How to Cite
Muldiani, R. F., Suprianti, Y., Widarti, S., Agoes, F., Koesoemah, N. H., Pratama, D., & Nuryuliyawati, S. (2021). PERANCANGAN SISTEM RECORDING DATA TERNAK BERBASIS QR CODE DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK LAPANGAN SMK PETERNAKAN JUARA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 168–173. https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4511
Section
Articles

References

Widayati, Y.T. (2017). “Aplikasi Teknologi QR (Quick Response) Code Implementasi yang Universal”. Komputaki Vol 3 No. 1 Februaru 2017.

Price, K. (2013). QR Codes for Trainers. Alexandria: The American Society.

Aisuwarya, R., Rahmadya, B. dkk.. (2019). “Implementasi Radio RFID (Radio Frequency Identification) untuk recording Data Sapi Ternak”. Jurnal Hilirisasi IPTEKS Vol. 2 No. 1 Maret 2019.

Permendikbud, (2013). “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan”. Jakarta: Kemendikbud.

Wulandari, A., & Prajanti, S. (2017). “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar Di Kabupaten Kebumen”. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 131-139. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13479.