PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN DAN SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI PUPUK KOMPOS RAMAH LINGKUNGAN

Main Article Content

Dian Eka Kusumawati

Abstract

Masyarakat Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan merupakan masyarakat dengan mata pencarian mayoritas petani dan wiraswasta. Pengabdian ini membahas mengenai pembuatan kompos dari limbah pertanian dan sampah rumah tangga. Pemanfaatan limbah  ini menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk petani dan ibu rumah tangga dalam memanfaatkan limbah yang ada. Tujuan dari kegiatan ini yaitu 1) Untuk mengurangi limbah yang ada di Desa Pajangan 2) Memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai pupuk kompos 3) Memperkenalkan pertanian organik kepada masyarakat. Metode pengabdian terdiri dari sosialisasi dengan petani dan ibu rumah tangga, penyuluhan mengenai pupuk kompos dan pembuatan pupuk kompos dari dapur dan limbah pertanian. Kegiatan ini melibatkan kelompok tani dan ibu rumah tangga Desa Pajangan Kecamatan Sukodadi dan mahasiswa KKN UNISDA.


Kata kunci : kompos, pertanian organik,  limbah pertanian, sampah rumah tangga

Article Details

How to Cite
Eka Kusumawati, D. (2022). PEMANFAATAN LIMBAH PERTANIAN DAN SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI PUPUK KOMPOS RAMAH LINGKUNGAN . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 26–29. https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.4493
Section
Articles

References

A.Ginting. 2017. Pembuatan Kompos dari Sampah Organik Sisa-sisa Sayuran Rumah Tangga dengan Aktivator Air Nenas.

Hadiwiyoto,S. 2014. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jurnal Yayasan Idaya : 6-46.

Marliani,N.2015. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Vol.2 : 124-132.

Murbandono, L. 2006. Membuat Kompos Edisi Revisi. Penebar Swadaya Jakarta

Rakhmawati, et.al. 2013. Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik. Jurnal Abdikarya. Vol.03 : 62-67.

Samekto, R. 2006. Pupuk Kompos. PT Intan Sejati Jakarta.

Utomo, R. (2004). Pengaruh Penggunaan Jerami Padi Fermentasi sebagai Bahan Dasa Pembuatan Pakan Komplit pada Kinerja Domba. Buletin Peternakan, 28(4), 162-171.