OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMASARAN USAHA JAJANAN BALI

Main Article Content

Ni Kadek Melly Adipratiwi
I Wayan Sukadana

Abstract

Pada jaman era globalisasi ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih, membuat media sosial menjadi salah satu media komunikasi dan informasi yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Media sosial tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dan sosialisasi saja, namun media sosial dapat digunakan sebagai media untuk berwirausaha. Media sosial juga dapat memberikan dampak positif bagi pengusaha yang ingin memperluas target pemasaran. Pemilik usaha jajanan Bali di Desa Kerobokan memiliki permasalahan mengenai penggunaan media sosial yang belum optimal sebagai sarana pemasaran, usaha ini sebelumnya hanya melakukan promosi secara konvesional yaitu dengan memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen yang hanya mempunyai cakupan wilayah pasar yang masih kecil.  sehingga solusi yang dapat diberikan oleh penulis yaitu memberikan sebuah edukasi dan pelatihan mengenai pentingnya menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran kepada pemilik usaha tersebut. Hasil yang dicapai yaitu pelaku usaha sudah memahami bagaimana cara penggunaan media sosial dan teknik-teknik melakukan pemasaran. Diharapkan pelaku usaha dapat menerapkannya edukasi yang sudah diberikan secara berkelanjutan dan mendapatkan banyak manfaat untuk usahanya.

Article Details

How to Cite
Ni Kadek Melly Adipratiwi, & Sukadana, I. W. (2021). OPTIMALISASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMASARAN USAHA JAJANAN BALI . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 166–171. https://doi.org/10.30997/qh.v7i3.4442
Section
Articles

References

*M. Samsudin. (2019). Strategi Pemasaran Online dan Manajemen Usaha pada Mitra. Widyabhakti – Maret 2019, 65-71.

, N. N. (2020). Penguatan UMKM Melalui Pemanfaatan Media Sosial dalam. INTERNATIONAL JOURNAL OF PUBLIC DEVOTION Volume 3 Number 2. December 2020.

Achmad1, Z. A. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10, 17-31.

Bayu Nugraha, M. F. (2018). Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram. Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 2, No. 2, tahun 2018, 2, 95-101.

Deru R. Indika, C. J. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI. Jurnal Bisnis Terapan Volume 01, Nomor 01, Juni 2017, 01.

Fedianty Augustinah¹, W. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2, September 2019, 4.

Setyowati, R. (2020). STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan. Volume 8, Nomor 2, April 2014.

Syifa1, Y. I. (2021). PELATIHAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING UNTUK MEMBANTU. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat).

Untari1, D. (n.d.). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. Widya Cipta, Volume 2 No. 2 September 2018, 2.