PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTERISASI PADA USAHA PAKAN TERNAK

Main Article Content

I Nyoman Sutapa
I Gde Agung Wira Pertama
Ni Putu Riski Martini

Abstract

Kecamatan payangan kabupaten Gianyar provinsi BALI memiliki perkembangan jumlah peternak yang semakin tahunnya semakin meningkat, hal ini menyebabkan banyak usaha dagang pakan ternak bermunculan namun, usaha dagang tersebut masih banyak yang belum memiliki sistem pembukuan yang baik sehingga para pedagang kesulitan untuk menghitung berapa jumlah saldo yang sebenarnya baik itu saldo hutang, piutang, dan perputaran kas. Selain itu para pedagang terkendala dengan peminjaman modal ke pihak perbankan karena perbankan meminta data keuangan yang sesuai standar. Untuk itu pengabdian ini dilakukan dengan memilih salah satu usaha dagang pakan ternak yang bisa diajak menjadi mitra Kerjasama pengabdian di kecamatan payangan. Metode pelaksanaan untuk program kemitraan masyarakat ini adalah dengan Pemasangan alat untuk mempermudah proses pencatatan keuangan, Sosialisasi proses pencatatan dengan sistem informasi akuntansi, Sosialisasi penggunaan laporan keuangan dengan sistem informasi manajemen. Hasil dari program kemitraan masyarakat ini adalah memberikan solusi berupa Terpasangnya 1 unit tablet untuk melakukan pencatatan dan 1 unit printer untuk mencetak nota, Peningkatan pemahaman proses pencatatan akuntansi dengan menggunakan sistem informasi akuntansi dan Mitra mampu menggunakan informasi akuntansi untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan manajemen.

Article Details

How to Cite
I Nyoman Sutapa, Wira Pertama , . I. G. A. ., & Martini, N. P. R. . (2021). PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN BERBASIS KOMPUTERISASI PADA USAHA PAKAN TERNAK. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 162–167. https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4408
Section
Articles

References

Adani, M. R. (2020) Sistem Informasi Manajemen_ Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, 25 agustus 2020. Available at: https://www.sekawanmedia.co.id/sistem-informasi-manajemen/.

Ardi, B. K. (2013) ‘Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Sistem Informasi Akuntansi’, (38), pp. 1–12.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (2020) Data Jumlah Perternakan Kecamatan Payangan 2014-2018.

Griyo solusi (2021) Aplikasi Kasir dan Cashflow. Available at: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.griyosolusi.griyopos (Accessed: 10 July 2021).

Ishak and Arief, S. (2015) Informasi dalam Pengambilan Keputusan.

Sarinah and Mardalena (2017) Pengantar Manajemen. CV Budi Utama.

Solihah, I., Susilawati, R. A. E. and Sari, A. R. (2016) ‘Analisis Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Sesuai Dengan Psak No . 14 Pada Sarinah Department Store Basuki Rachmat Malang’, Journal Riset Mahasiswa Akuntansi 4, 4(14), pp. 1–9.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (2016). Ikatan Akuntan Indonesia.

Suarta (2021) ‘Wawancara dengan pemilik terkait permasalahan yang dihadapi UD AW Artha Sedana’. Payangan.

Sutapa, I. N. and Miati, N. L. P. M. (2020) ‘Analysis Implementation Of Accounting Information System To Financial Reports Of Small And Medium Enterprises’, 1, pp. 24–28.

Windayani, L. P. et al. (2018) ‘Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Lamikro Untuk Membantu Usaha Mikro Menyusun Laporan Keuangan Sesuai SAK EMKM ( Studi Pada Toko Bali Bagus ) JIMAT, 9, 50-62.