PEMBERDAYAAN KEGIATAN BUDIDAYA IKAN HIAS PLATY SANTA CLAUS (XIPHOPHORUS MACULATUS)

Authors

  • Dudi Lesmana Universitas Djuanda
  • Fia Sri Mumpuni Universitas Djuanda
  • Yudi Wahyudin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v7i2.3555

Keywords:

, ikan Platy, pengabdian, penyakit, pencegahan, penanggulangan

Abstract

Ikan Platy (Xiphophorus maculatus) adalah salah satu ikan hias yang sangat digemari masyarakat karena memiliki warna yang indah sehingga memiliki nilai estetis dan ekonomis. Selain itu ikan ini memiliki ciri khas yang merupakan daya tarik tersendiri, sehingga di beberapa negara harganya cukup tinggi. Ikan platy (Xiphophorus maculatus) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk sirip dan warna yang bervariasi, serta berukuran antara 1-4,2 cm . Ikan ini berasal dari Amerika Tengah tepatnya di Varacruze, Meksiko sampai Belize, Guatemala. Salah satu keunikan ikan platy adalah dari segi reproduksi, yaitu ikan ini termasuk ke dalam livebearer atau kelompok ikan yang melahirkan “viviparous”

Pengembangan budidaya ikan hias di Kabupaten Bogor masih terpusat di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Ciampea, Ciseeng, Parung  yaitu dengan jumlah RTP di Kecamatan Ciampea sebanyak 151 RTP, 93 RTP di Kecamatan Ciseeng, 76 RTP di Kecamatan Parung. Adapun luasan lahan untuk budidaya ikan hias di Kecamatan Ciampea sebesar 9,24 Ha, 2,14 Ha di Kecamatan Ciseeng,   dan 5,81 Ha di Kecamatan Parung. Permasalahan utama dalam pengembangan budidaya ikan Plati di Desa Parakan adalah banyaknya ikan yang mati karena diserang beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, parasit dan mikroorganisme lainnya. Selain itu kurangnya pengetahuan mitra tentang cara pencegahan dan penganggulangan penyakit yang menyerang ikan Platy. Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan utama yang dihadapi mitra.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. 2015. Kecamatan Cibinong dalam Angka. Bogor : BPS Kabupaten Bogor.
Daelami, D. A. S. 2001. ’Usaha Pembenihan Ikan Hias Air Tawar’. Penebar Swadaya. Jakarta. 166 Hal.
[Disnakkan] Dinas Peternakan dan Perikanan. 2010. Buku Data Perikanan Tahun 2010. Bogor : Disnakkan Kabupaten Bogor.
Kuncoro, E.B. 2011. Sukses Budi Daya Ikan Hias Ait Tawar. Yogyakarta: Lily Publisher

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Lesmana, D., Mumpuni, F. S., & Wahyudin, Y. (2021). PEMBERDAYAAN KEGIATAN BUDIDAYA IKAN HIAS PLATY SANTA CLAUS (XIPHOPHORUS MACULATUS) . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 133–138. https://doi.org/10.30997/qh.v7i2.3555

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 916 times

Most read articles by the same author(s)