PEMBUATAN DAN SOSIALISASI PETA DESA DI DESA CISEMPUR KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Rizky Mulya Sampurno Universitas Padjadjaran
  • Fahmi Rizal Universitas Padjadjaran
  • Ahmad Thoriq Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3195

Keywords:

Cisempur, informasi spasial, toponimi, tutupan lahan, peta

Abstract

Pemahaman masyarakat terhadap informasi spasial di desa Cisempur masih sangat kurang. Hal ini dapat disebabkan oleh tingkat penggunaan dan pemanfaatan peta yang cukup rendah ditambah lagi dengan tidak tersedianya peta desa yang memberikan informasi spasial di desanya secara lengkap. Peta desa menjadi sangat penting karena dapat mendukung pembangunan desa yang tepat dan merata. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membuat peta Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Peta yang dibuat terdiri dari informasi batas administrasi, toponimi, elevasi dan tutupan lahan terbaru yang diinterpretasi dari citra satelit. Metode pelaksanaan pengabdian ini dikelompokkan ke dalam dua tahap. Pertama adalah pembuatan peta. Kegiatan ini terdiri dari perizinan, analisis situasi, pembuatan peta kerja, pengumpulan data citra, pengolahan data, survei lapang dan membuat layout peta. Layout peta dibuat dengan mengacu pada pedoman teknis pembuatan peta desa yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial. Tahap berikutnya adalah proses validasi berupa pengecekan peta bersama aparat desa dan melakukan sosialisasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah tersedianya peta desa Cisempur skala 1:2500. Peta yang berhasil dibuat ini telah disosialisasikan kepada masyarkat desa Cisempur. Dengan peta ini, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan spasialnya, khususnya mengeai jarak dan lokasi objek penting yang ada di desa Cisempur.

Author Biographies

Rizky Mulya Sampurno, Universitas Padjadjaran

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem

Fahmi Rizal, Universitas Padjadjaran

Departemen Teknologi Industri Pertanian

Ahmad Thoriq, Universitas Padjadjaran

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem

References

Amaru, K., Chay Asdak, Rostita Balia. 2013. Penyuluhan Pengenalan Peta dan Identifikasi Potensi Daerah untuk Pembuatan Peta Potensi Desa di Desa Jatimekar dan Desa Cijati Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 2, No. 1, Mei 2013: 32- 40.
Badan Informasi Geospasial. 2016. Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa. Badan Informasi Geospasial. Bogor.
Halim, Hilmi Abdul. 2017. Peta Desa Jadi Acuan Pembangunan. Pikiran Rakyat 1 Februari 2017.
Sadarviana, Vera, Hasanudin ZA, Irwan G, Satria H. 2014. Pembuatan Peta Desa Dalam Rangka (Desa Lembang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, LPPM – ITB. Bandung.
Sampurno RM dan Thoriq A. 2016. Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan Citra Landsat 8 Operational Land Imager (OLI) Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Teknotan, Vol. 10 No. 2 2016.
Sumedang Tandang. 2017. Desa Cisempur. 5 Januari 2017. http://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-cisempur.htm (diakses 25 Agustus 2020, 08.00).

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Sampurno, R. M., Rizal, F., & Thoriq, A. (2021). PEMBUATAN DAN SOSIALISASI PETA DESA DI DESA CISEMPUR KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3195

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 330 times