PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FX DRAW BAGI GURU SMP MUHAMMADIYAH MALANG
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2958Keywords:
pelatihan, fx draw, guruAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengatasi masalah kompetensi profesional guru, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran inovatif khususnya menggunakan FX Draw. Metode pengabdian yang digunakan adalah 1). workshop tentang media pembelajaran, 2). pendampingan pembuatan Media Pembelajaran, 3). uji coba media pembelajaran FX Draw, 4). refleksi dan evaluasi. Kegiatan tersebut telah terlaksana dan sesuai dengan rencana awal pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran menggunakan FX Draw yang telah diajukan. Hasil refleksi dan evaluasi menunjukkan bahwa peserta sudah terampil menggunakan FX Draw. Hasil pengisian angket melalui Google form terlihat bahwa para peserta sangat terbantu dalam pembuatan LKPD yang lebih menarik untuk peserta didik, dan mempermudah guru dalam membuat objek-objek matematika (seperti dalam geometri, fungsi kuadrat, grafik, bangun datar, bangun ruang, dll). Para peserta juga masih membutuhkan banyak pelatihan-pelatihan menggunakan aplikasi berbasis matematika guna membantu dalam pembuatan media pembelajaran matematika yang lebih menarik lagi.References
Afifah, Ani. 2017. Pembelajaran matematika dengan Memanfaatkan Formulator Tarsia. Jurnal Didaktik Matematika, Vol.4, No.2, Hal: 152-159
Anggraeni, Setyaning Dewi. 2016. Penggunaan FX Draw untuk Memahamkan Konsep Kesebangunan melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa kelas IX SMPN 23 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Djamarah, S., Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Karimah, AL Anisah., Rusdi., Fachruddin, M. 2017. Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Anime Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.1, No.1, Hal:9-13
Smaldino, Sharon., Lowther, Deborah & Russell, James. 2008. Instructional Technology & Media for Learning (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Anggraeni, Setyaning Dewi. 2016. Penggunaan FX Draw untuk Memahamkan Konsep Kesebangunan melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa kelas IX SMPN 23 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Djamarah, S., Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Karimah, AL Anisah., Rusdi., Fachruddin, M. 2017. Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Anime Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.1, No.1, Hal:9-13
Smaldino, Sharon., Lowther, Deborah & Russell, James. 2008. Instructional Technology & Media for Learning (terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media.
Downloads
Published
2020-10-28
How to Cite
Utomo, D. P., & Inganah, S. I. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FX DRAW BAGI GURU SMP MUHAMMADIYAH MALANG. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 97–100. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2958
Issue
Section
Articles
License
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.