IMPLEMENTASI APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI BUKU PENGHUBUNG GURU DI PAUD RABBANI JAKARTA SELATAN

Authors

  • Dian Novita Universitas Indraprasta PGRI
  • Septian Wulandari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2290

Keywords:

Buku Penghubung, ClassDojo, Android

Abstract

Tujuan pembelajaran akan berjalan dengan baik tentunya harus melibatkan banyak peran yang terlibat di dalamnya. Peran tersebut antara lain adanya peran guru sebagai pengganti orang tua disekolah, siswa yang menjalankan kegiatan pembelajaran, dan juga peran orang tua untuk memonitoring siswa di rumah. Hal ini juga tentunya didukung dengan adanya komunikasi yang baik. Selain itu, untuk memudahkan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Dengan kata lain, pentingnya buku penghubung antara guru dan orang tua untuk memudahkan komunikasi antara guru dan siswa dalam mengontrol perilaku siswa. Berdasarkan hal tersebut, tim memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai suatu aplikasi yang dapat di downloat gratis melalui Android yang bernama ClassDojo. Luaran yang akan dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah purwarupa berupa Aplikasi ClassDojo. Dengan adanya aplikasi ini di harapkan dapat membantu para pengajar dapat memberikan penilaian dan mengelola kelas dengan baik. 

References

Chiarelli, M., Szabo, S., & Williams, S. (2015). Using Classdojo To Help With Classroom Management During Guided Reading. Texas Journal of Literacy Education, 3(2), 81–88.
Iqbal Habiby, A. (2017). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus : TK Kusuma Putra Kota Mojokerto). Jurnal Manajemen Informatika, 7(2), 94–100.
Masruri. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Class Dojo Sebagai Pengganti Buku Penghubung Orang Tua Siswa Di SD Djama ’ Atul.
Pusitaningtyas, A., & Sidoarjo, U. M. (2016). Pengaruh komunikasi orang tua dan guru terhadap kreativitas siswa. 1(14), 935–942.
Rahmani, M., Haryono, & Purwanti, E. (2017). Pengembangan Media Komunikasi Buku Penghubung Berbasis SMS Gateway dan Mobile Web. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 72–78. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.16202
Utama, I. W. A. M. (n.d.). Hakikat Seminar Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Novita, D., & Wulandari, S. (2020). IMPLEMENTASI APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI BUKU PENGHUBUNG GURU DI PAUD RABBANI JAKARTA SELATAN. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 149–153. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2290

Issue

Section

Articles