PENINGKATAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN PRINSIP ANDRAGOGI DI DESA CIHANJUANG

Main Article Content

Dini Hamidin
Widia Resdiana
Mohamad Nurkamal Fauzan

Abstract

Pemanfaatan media sosial (Facebook dan Instagram) dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan memperkenalkan potensi Desa baik dengan masyarakat luas maupun dengan komunitas dan lembaga swasta.  Desa Cihanjuang merupakan desa dengan luas wilayah ketiga terbesar di Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan hasil pencarian melalui google search engine, informasi terkait kegiatan dan potensi Desa Cihanjuang masih sangat terbatas, Desa Cihanjuang belum mememanfaatkan media sosial (facebook dan instagram). Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya memiliki dan menggunakan media sosial dan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai media informasi Desa (potensi investasi, kegiatan Desa dan wisata), maka pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pelatihan. Pelatihan ini memberikan motivasi dan optimalisasi pengelolaan konten di media sosial. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate) dan proses pembelajarannya mengadopsi metode andragogi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah 1) Para Perangkat Desa, Kader PKK dan Karang Taruna memiliki pengetahuan, keterampilan dan ketertarikan untuk mengoptimalkan media sosial untuk penyebaran informasi kegiatan pelayanan pemerintahan Desa Cihanjuang (administrasi dan non administrasi), kegiatan setiap bidang di pemerintahan Desa Cihanjuang, penyebaran berita dan potensi desa; 2) Hasil pelatihan telah dapat diwujudkan dengan terbangunnya media sosial Instagram dan facebook Desa Cihanjuang yang kemasan konten beritanya lebih informatif sebagai media informasi, komunikasi dan promosi produk dan potensi Desa Cihanjuang disertai link website resmi Desa Cihanjuang.

Article Details

How to Cite
Hamidin, D., Resdiana, W., & Fauzan, M. N. (2020). PENINGKATAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN PRINSIP ANDRAGOGI DI DESA CIHANJUANG. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 88–96. https://doi.org/10.30997/qh.v6i2.2146
Section
Articles

References

Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: ADDIE Approach. New York: Springer.
Dr. Sujarwo, M.Pd., 2012. Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Prastati, Trini. (2014). Teaching And Learning In The 21ST Century: Challenges for Lecturers and Teachers. Professional Development in Education (PDE).
Taçgin, Zeynep & Erim Gűner, Nilay. (2014). ADDIE Model in Adult Education: Instructional Design Sample of E-Learning. Conference 5th International Future-Learning Conference on Innovation in Learning for the Future 2014: e-Learning, At Instanbul.
Aldoobie, Nada. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 6; December 2015.
Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. 2015. Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Media Wisata: Wahana Informasi Pariwisata, 13(1).
Kapur, Sikha. (2015). Andragogy: The Adult Learning Theory. Indian Journal of Adult Education vo. 76, No. 2, April –June 2015.
Sudaryanto, D. H. (2016). Pendekatan prinsip adult learning dalam upaya menunjang proses pembelajaran diklat aparatur. Tersedia online pada http://pusdiklatmigas. esdm. go. id/portal_jurnal/readmore/165.
Rahmawati, A., & Nugroho, H. S. (2018). Capacity Building Pada Unit Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( Pkk ) Capacity Building In The Family Welfare Program ( Pkk ). 4(April), 41–47.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2017). Infografis – Penetrasi 6 Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Survey 2017.
-.2018. Prinsip Dasar yang Wajib Dipegang Untuk Meningkatkan Perekonomian di Pedesaan. http://www.berdesa.com/meningkatkan-perekonomian-di-pedesaan/. Diakses tanggal 20 September 2019.