PEMBENTUKAN ADMINISTRASI DUSUN SERTA PEMASARAN INDUSTRI MAKANAN DI DUSUN MANGIRAN BANTUL YOGYAKARTA

Barbara Gunawan

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan pembentukan administrasi dusun. Mitra dalam program ini adalah warga dan usaha kecil pembuatan dan penjualan minyak kelapa.  Permasalahan industri minyak kelapa adalah tentang pemasaran Kethak yang merupakan ampas pembuatan minyak kelapa. Metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah 1) penyediaan plastik kemasan, 2) pembuatan merk, 3) pengadaan plang papan nama, dan 4) penyusunan data kependudukan.

Hasil dari program ini adalah 1) adanya kemasan produk yang menarik, 2) adanya merk, 3) plang papan nama industri kethak, dan 4) data administrasi yang benar dan tertata, baik berupa soft file maupun bingkai.

Keywords

Kethak, Mangiran, Administrasi, Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Maimunah, S., Fahruni, & Hanafi, N. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Hutan Gambut Dengan Pemanfaatan Purun. Jurnal PengabdianMu, 3, 20–26.

Mardiah, Suprayatmi, M., Gemina, D., & Rahayu, A. (2015). Strategi Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Melalui IPTEK Bagi Masyarakat Petani Rosela. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11–32.

Nuwa, N., Putir, P. E., & Pisi, B. (2017). Pendampingan Pengembangan Desain dan Pemasaran On-Line Produk Perajin Anyaman Rotan di Wilayah Kecamatan Jekan Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 93–103.

Paramita, M., Muhlisin, S., & Palawa, I. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19–30.

Sesrita, A., Anwar, E., & Fadillah, A. (2017). Improving Quality Of Education And Empowerment Of Rural. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–26.

Setyawan, F., & Sari, P. N. (2016). Labelling Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Agroindustri Emping Jagung di Desa Tirtomulyo, Kretek, Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 1(2), 231–238.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.