PEMBERDAYAAN PETANI DALAM OPTIMALISASI LAHAN BERBASIS KONSERVASI DI DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR

Linar Humaira Panglima, Faizal Maad, Reny Andriyanty

Abstract

Berdasarkan potensi pertanian yang ada di Desa Sukamantri yang mencapai 1.46 juta hektar luas lahan untuk sawah dan ladang, yang seharusnya desa ini memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Namun dikarenakan kondisi lahan yang cenderung memiliki kemiringan dan berdekatan dengan wilayah yang memiliki pergerakan tanah yang cukup tinggi, sehingga potensi pertanian dan sumber dayanya belum teroptimalkan, hal ini dikarenakan masih rendahnya keterampilan dan pengetahuan petani dalam membangun kegiatan produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pemanfaatan lahan melalui pengembangan usahatani secara optimal berbasis konservasi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui penyuluhan, demontrsasi dan pelatihan.  Hasil kegiatan adalah 15 orang petani peserta yang sebagian besar berpendidikan rendah rata-rata tidak tamat SD namun memiliki kemampuan berpartisifasi aktif selama kegiatan berlangsung, terlihat dari resposipnya petani dalam mengikuti penyuluhan maupun saat pelatihan yang terlibat langsung dalam praktek berusahatani diversifikasi penanaman secara verticultur yang ditumpangsarikan dengan tanaman pangan. Pembuatan rorak di anatara petak pertanaman merupakan teknologi konsevasi yang mudah dilakukan oleh petani. Petani yang menyatakan puas dengan kegiatan ini sebanyak 60% dan sangat puas sebanyak 40%.  Perlu adanya pembinaan dalam pengetahuan dan ketrampilan lebih lanjut untuk menciptakan kemandirian para petani,

Keywords

optimalisasi, lahan pertanian, pemberdayaan, konservasi

Full Text:

PDF

References

https://www.kompasiana.com/.../menggali-potensi-kabupaten-bogor, diunduh pada tanggal 22 Oktober 2017.

Miller, GT. 1991. Environmental Science: Sustaining the Earth. Wadsworth Publishing Company. Belmont, California.

Naik Sinukaban, 2007. Konservasi Tanah dan Air Kunci Pembangunan Berkelanjutan. Direktotar Jenderal RLPS.

RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2013-2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, 2014.

www.pengertianku.net, diunduh pada tanggal 22 Oktober 2017.

Subardja, D.,S. Ritung, M. Anda Sukarman, E. Suryani, dan R.E. Subandiono. 2016. Petunjuk Teknis Klasifikasi Nasional. Edisi ke-2. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor. 60 Hal.

Sukarman, Sofyan Ritung, Markus Anda, Erna Suryani. 2017. Pedoman Pengamatan Tanah Di Lapangan. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Jakarta.

Sue Kenny, Brian Mc Grath, and Rhondha Philips. 2018. The Routledge Handbook of Community Development Perspectives From Arround The Globe. New York and London.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.