SOSIALISASI GERAKAN MENABUNG SEJAK DINI DENGAN PELATIHAN KREATIVITAS MEMBUAT CELENGAN BOTOL BEKAS MASYARAKAT

Authors

  • Roisiyatin Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Indonesia
  • Fitria Khairunnisa Institut Ummul Quro Al Islami Bogor, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13965

Keywords:

used bottle piggy bank, savings movement, financial literation

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi gerakan menabung sejak dini dengan pelatihan kreativitas membuat celengan botol bekas di Komunitas Rumah Menimba Juara Kecamatan Ciseeng Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan membangun kesadaran menabung masyarakat sejak dini di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Rendahnya literasi keuangan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak, menjadi permasalahan yang perlu ditangani. Landasan teori menunjukkan bahwa membiasakan menabung sejak usia dini berkorelasi positif dengan literasi keuangan di masa dewasa. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan inkulturasi, perencanaan, aksi perubahan, evaluasi, dan refleksi bersama masyarakat. Kegiatan dilakukan melalui sosialisasi pentingnya menabung sejak dini, edukasi mengelola keuangan, serta pelatihan kreativitas membuat celengan dari botol bekas. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme peserta dalam menerima informasi dan keterampilan baru. Meskipun partisipasi masyarakat terbatas, kegiatan berhasil mencapai tujuannya dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya menabung sejak dini dan mengembangkan kreativitas melalui pemanfaatan barang bekas. Keberhasilan ini merupakan langkah awal dalam mempromosikan gerakan menabung sejak dini di masyarakat Ciseeng untuk meningkatkan literasi keuangan dan menciptakan masyarakat yang sejahtera secara finansial.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aprilia, F.S., dkk. (2022). Membangun Kreativitas Anak Usia Dini dengan Memanfaatkan Barang Bekas dan Menumbuhkan Kebiasaan Menabung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(1), 78-86.

Darmawan. (2022). Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UNY Press.

Friedline, T. (2015). A developmental perspective on children’s economic agency. Journal of Consumer Affairs, 49(1), 39-68.

Huston, S.J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-316.

Iwan. (2014). Menelaah Teori Kritis Jurgen Habermas. Jurnal Edueksos 3(2), 145-165.

Kim, J., & Chatterjee, S. (2013). Childhood financial socialization and young adults' financial management. Journal of Financial Counseling and Planning, 24(1), 61-79.

MacDonald, C. (2012). Understanding participatory action research: A qualitative research methodology option. The Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34-50.

Octavia, D. (2020). Edukasi celengan kreatif pada anak usia dini. Abdimas Dewantara, 3(2), 142-148.

Oktaviani, S., dkk. (2023). Sosialisasi Gerakan Gemar Menabung (Gemabung) dengan Membuat Celengan dari Bahan Bekas. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 274-278.

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Museum edukasi interaktif OJK: Sarana edukasi keuangan untuk peserta didik. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Museum-Edukasi-Interaktif-OJK/MEIOJK.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)/SNLKI%20(Revisit%202017).pdf

Prasetyadewi, M.I., dkk. (2022). Edukasi Menabung Sejak Dini dan Pelatihan Kreativitas Membuat Celengan di TK Kumara Jaya. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar, 1(2), 9-15.

Puspaningtyas, M., dkk. (2022). Pengembangan Kreativitas Gerakan Recycle dan Sosialisasi Budaya Menabung di TK Margiasih 1 Desa Pandanrejo. Jurnal Budimas, 4(2), 581-587.

Remund, D.L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276-295.

Sherraden, M.S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott III, W. (2011). Financial capability in children: Effects of participation in a school-based financial education and savings program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385-399.

Tim KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Cetakan ke-2. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tim Shortcource ABCD Kementerian Agama. (2020). Materi Shortcource ABCD Kementerian Agama.

Zahrah, A.S. (2022). Upaya Orang Tua dalam Mencegah Perilaku Konsumtif pada Anak Usia 5-6 Tahun (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Roisiyatin, & Fitria Khairunnisa. (2024). SOSIALISASI GERAKAN MENABUNG SEJAK DINI DENGAN PELATIHAN KREATIVITAS MEMBUAT CELENGAN BOTOL BEKAS MASYARAKAT . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 162–171. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13965

Issue

Section

Articles