SOSIALISASI GERAKAN MENABUNG SEJAK DINI DENGAN PELATIHAN KREATIVITAS MEMBUAT CELENGAN BOTOL BEKAS MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13965Keywords:
used bottle piggy bank, savings movement, financial literationAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi gerakan menabung sejak dini dengan pelatihan kreativitas membuat celengan botol bekas di Komunitas Rumah Menimba Juara Kecamatan Ciseeng Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan membangun kesadaran menabung masyarakat sejak dini di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Rendahnya literasi keuangan masyarakat Indonesia, terutama pada anak-anak, menjadi permasalahan yang perlu ditangani. Landasan teori menunjukkan bahwa membiasakan menabung sejak usia dini berkorelasi positif dengan literasi keuangan di masa dewasa. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan inkulturasi, perencanaan, aksi perubahan, evaluasi, dan refleksi bersama masyarakat. Kegiatan dilakukan melalui sosialisasi pentingnya menabung sejak dini, edukasi mengelola keuangan, serta pelatihan kreativitas membuat celengan dari botol bekas. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme peserta dalam menerima informasi dan keterampilan baru. Meskipun partisipasi masyarakat terbatas, kegiatan berhasil mencapai tujuannya dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya menabung sejak dini dan mengembangkan kreativitas melalui pemanfaatan barang bekas. Keberhasilan ini merupakan langkah awal dalam mempromosikan gerakan menabung sejak dini di masyarakat Ciseeng untuk meningkatkan literasi keuangan dan menciptakan masyarakat yang sejahtera secara finansial.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aprilia, F.S., dkk. (2022). Membangun Kreativitas Anak Usia Dini dengan Memanfaatkan Barang Bekas dan Menumbuhkan Kebiasaan Menabung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 4(1), 78-86.
Darmawan. (2022). Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UNY Press.
Friedline, T. (2015). A developmental perspective on children’s economic agency. Journal of Consumer Affairs, 49(1), 39-68.
Huston, S.J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-316.
Iwan. (2014). Menelaah Teori Kritis Jurgen Habermas. Jurnal Edueksos 3(2), 145-165.
Kim, J., & Chatterjee, S. (2013). Childhood financial socialization and young adults' financial management. Journal of Financial Counseling and Planning, 24(1), 61-79.
MacDonald, C. (2012). Understanding participatory action research: A qualitative research methodology option. The Canadian Journal of Action Research, 13(2), 34-50.
Octavia, D. (2020). Edukasi celengan kreatif pada anak usia dini. Abdimas Dewantara, 3(2), 142-148.
Oktaviani, S., dkk. (2023). Sosialisasi Gerakan Gemar Menabung (Gemabung) dengan Membuat Celengan dari Bahan Bekas. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 274-278.
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Museum edukasi interaktif OJK: Sarana edukasi keuangan untuk peserta didik. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Museum-Edukasi-Interaktif-OJK/MEIOJK.pdf
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)/SNLKI%20(Revisit%202017).pdf
Prasetyadewi, M.I., dkk. (2022). Edukasi Menabung Sejak Dini dan Pelatihan Kreativitas Membuat Celengan di TK Kumara Jaya. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar, 1(2), 9-15.
Puspaningtyas, M., dkk. (2022). Pengembangan Kreativitas Gerakan Recycle dan Sosialisasi Budaya Menabung di TK Margiasih 1 Desa Pandanrejo. Jurnal Budimas, 4(2), 581-587.
Remund, D.L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276-295.
Sherraden, M.S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott III, W. (2011). Financial capability in children: Effects of participation in a school-based financial education and savings program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385-399.
Tim KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Cetakan ke-2. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Tim Shortcource ABCD Kementerian Agama. (2020). Materi Shortcource ABCD Kementerian Agama.
Zahrah, A.S. (2022). Upaya Orang Tua dalam Mencegah Perilaku Konsumtif pada Anak Usia 5-6 Tahun (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roisiyatin, Fitria Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.