PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG

Authors

  • Rizka Rahmana Putri Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Rifky Aryasatya Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Dwian Lumbangaol Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Abdus Salam Junaedi Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Muhammad Zainuri Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Febi Ayu Pramithasari Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Frida Fanani Rohma Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13665

Keywords:

budidaya ikan, lele Sangkuriang, pelatihan budidaya

Abstract

Desa Durbuk merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pelaku budidaya ikan pada desa ini tidak banyak karena letak desa yang kurang strategis serta minat maupun harga pakan menjadi kendala untuk sektor perikanan budidaya. Peningkatan minat dan penyelesaian masalah dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dari Univesitas Trunojoyo Madura dengan cara melakukan inisiasi pelatihan budidaya ikan lele untuk menyelesaikan permasalahan pada sektor perikanan di desa tersebut. Kegiatan pelatihan budidaya ikan lele yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan minat masyarakat untuk bergerak kembali di sektor perikanan dilaksanakan dengan menggunakan metode Pendekatan Orang Dewasa (POD) dimana kegiatan dilakukan secara partisipatif dengan diskusi interaktif. Pada saat ini permasalahan pakan bisa dicoba menggunakan campuran probiotik yang dapat membantu laju pertumbuhan dan kekebalan tubuh ikan sehingga bisa mengefisiensikan penggunaan pakan. Manfaat yang dapat diberikan adalah ilmu ataupun tahapan proses budidaya dengan benar, sehingga para pembudidaya dan pemuda atau masyarakat setempat lebih mendalami dan memahami dengan benar. Perlu adanya pendampingan secara intensif demi keberlanjutan kegiatan ini supaya masyarakat bisa benar-benar memahami dan nantinya kegiatan ini memperoleh hasil yang maksimal untuk saat ini dan masa yang akan datang.

References

Arief, M., Fitriani, N., & Subekti, S. (2014). Pengaruh Pemberian Probiotik Berbeda Pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp.). Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 6(1), 5.

Dara, R., Yudasmara, G. A., & Martini, N. N. D. (2022). Analisa Performa Dan Efisiensi Pakan Pada Ikan Lele Sangkuriang Melalui Penambahan Probiotik. Jurnal Perikanan Unram, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.29303/jp.v12i2.296

Dewi, R. R. S. P. S., & Tahapari, E. (2018). PEMANFAATAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PEMBESARAN IKAN LELE (Clarias gariepinus). Jurnal Riset Akuakultur, 12(3), 275.

Faridah, F., Diana, S., & Yuniati, Y. (2019). Budidaya Ikan Lele Dengan Metode Bioflok Pada Peternak Ikan Lele Konvesional. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 224–227.

Kusuma, P. S. W., Sukarjati, S., & Wibowo, T. S. (2019). Pemijahan Ikan Lele Dengan Teknik Pemijahan Alam (Natural Spawning) Dan Pemijahan Semi Alami (Induced Spawning). Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(2), 59–66.

Lestari, T. P., & Dewantoro, E. (2018). PENGARUH SUHU MEDIA PEMELIHARAAN TERHADAP LAJU PEMANGSAAN DAN PERTUMBUHAN LARVA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus). Jurnal Ruaya : Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu Perikanan Dan Kelautan, 6(1), 14–22.

Mahendra. (2018). Pemberian Pakan Komersil Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Tawes (Barbonymus gonionotus). Jurnal Perikanan Terpadu, 1(2), 1–12.

Mulyani, Y., Maulina, I., Bagaskhara, P. P., Rahmadianto, A., Riyanto, A., & Nurfadillah, R. (2021). Edukasi Manajemen Pemberian Pakan dalam Budidaya Ikan Lele Di Pekarangan Sempit Bagi Masyarakat Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Farmers: Journal of Community Services, 2(2), 7–10.

Pratama, F. A., Afiati, N., & Djunaedi, A. (2016). Kondisi Kualitas Air Kolam Budidaya dengan Penggunaan Probiotik dan Tanpa Probiotik Terhadap Pertumbuhan Ikan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp) di Cirebon, Jawa Barat. Management of Aquatic Resources (Maquares), 5(1), 38–45. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/maquares

Rahmayanti, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Probiotik Pada Petani Pembudidaya Ikan Desa Peunaga Paya Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Marine Kreatif, 2(1), 1–9.

Rakhfid, A., Mauga, R., Fendi, F., Mosriula, M., Wulan, W. O. S., Bakri, M., Alimin, A., & Rochmady, R. (2020). Frequencies of feed for growth of Sangkuriang Catfish larvae (Clarias gariepinus). Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 13(2), 260–268.

Santi, M., Danial, A., Hamdan, A., & Karwati, L. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Ikan lele. Jurnal Cendikiawan Ilmiah PLS, 4(1), 17–22.

Satoto, I., Fitriadi, R., Palupi, M., & Dadiono, M. S. (2021). Pembuatan Pakan Ikan Lele Di Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Semboja, Desa Pasinggangan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Sukoco, F. A., Rahardja, B. S., & Manan, A. (2019). PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BERBEDA DALAM SISTEM AKUAPONIK TERHADAP FCR (FEED CONVERTION RATIO) DAN BIOMASSA IKAN LELE (Clarias sp.). Journal of Aquaculture and Fish Health, 6(1), 24.

Zulkarnain, M., Purwanti, P., & Indrayani, E. (2013). ANALYSIS OF AQUACULTURE PRODUCTION VALUE EFFECT TO GROSS DOMESTIC PRODUCT OF FISHERIES SECTOR IN. 1(1).

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Rizka Rahmana Putri, Rifky Aryasatya, Dwian Lumbangaol, Abdus Salam Junaedi, Muhammad Zainuri, Febi Ayu Pramithasari, & Frida Fanani Rohma. (2024). PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13665
Abstract viewed = 9 times