PENDAMPINGAN BERBASIS HOTS: STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU

Authors

  • Hieronimus Canggung Darong Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia
  • Erna Mena Niman Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia
  • Fransiskus Nendi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13539

Keywords:

skills, HOTS, mentoring, questions

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dari bulan Februari hingga Juni 2023 dengan tujuan untuk mengatasi masalah kemampuan guru SMP Satap Wae Nunung dalam menyusun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Masalah yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun soal HOTS yang mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Berlokasi di SMP Satap Wae Nunung, kegiatan ini menggunakan metode pendampingan yang melibatkan wawancara, observasi, ceramah, pendampingan langsung, praktek lapangan, evaluasi, dan refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun soal HOTS, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi dalam implementasi HOTS di kelas. Evaluasi menunjukkan peningkatan kompetensi berpikir tingkat tinggi siswa, menegaskan efektivitas pendampingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Satap Wae Nunung.

References

Agustihana, S., & Suparno, S. (2019). Development of HOTS Oriented Cognitive Problems in Thermodynamics for Senior High Schools. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 9(1), 44–54. https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p44-54

Ainin, M. (2021). Challenges in Applying Higher Order Thinking Skills Assessment in the Teaching of Arabic in Indonesia. International Seminar on Language, Education, 2021, 413–420. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8564

Aprilia, R. S., & Fitri, R. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berorientasi High Order Thinking Skills ( HOTS ) pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 66–73.

Darong, H. C., Kadarisman, A. E., Basthomi, Y., Suryati, N., Hidayati, M., & Nima, E. M. (2020). What aspects of questions do teachers give attention To? International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 191–208.

Darong, H. C., & Niman, E. M. (2021). Do Teacher Questions Function as Assessment for Learning? Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 2(3), 437–454. https://doi.org/10.47175/rielsj.v2i3.308

Darong, H. C., Niman, E. M., Menggo, S.-, & Beda, R. (2021). Questioning Practice and Classroom Interaction. Tell: Teaching of English Language and Literature Journal, 9(1), 11. https://doi.org/10.30651/tell.v9i1.5905

Darong, H. C., Stanislaus Guna, Yosefina Helenora Jem, & Erna mena Niman. (2022). In- Service Training: English Teacher’S Assessment for Learning (AFL) Practice at Smpn 9 Ruteng, Flores. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 133–150. https://doi.org/10.36928/jrt.v5i2.1111

Fitriani, R., Iskandar, I., & Seseno, M. (2021). The implementation of higher order thinking skills (HOTS) in English Language Teaching: the case of Indonesian Senior High School EFL teachers. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 739–750. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.303

Ginting, A. A., & Kuswandono, P. (2020). Challenges Faced by English Teachers: Implementation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Designing Assignments in East Indonesia. Pedagogy : Journal of English Language Teaching, 8(1), 13–23. https://doi.org/10.32332/pedagogy.v8i1.1688

Gulo, L. K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kuis Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Kelas X Sma Negeri 2 Huruna Tahun Pembelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1), 4–6. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/faguru.v3i1.1307

Gunawan, F., Mardiyyanningsih, A. N., & Fajri, H. (2024). Analisis Higher-Order Thinking Skills ( HOTS ) Siswa SMA pada Materi Sel. Journal on Education, 06(02), 13735–13747. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5219

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Suwandi, T., & Titin. (2020). Implementation supplementary book of green consumerism: Improving students hots in environmental learning. European Journal of Educational Research, 9(1), 227–237. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.227

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan Dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21907

Khamdanah, L., Wijaya, I., & Anjani, A. S. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis HOTS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 889–900. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.323

Khoirun Nadia, I., & Nawawi, E. (2024). Analisis Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Materi Sistem Koloid. 08(01), 33–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i1.28049

Laksana, D. N. . (2018). Pendidikan Berkualitas dan Berkelanjutan di Era Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 2–5. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/27/28

Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 54–77. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1893

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6941. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480

Singh, C. K. S., Tao, H., Singh, T. S. M., Tee, T. K., Ong, E. T., Maniam, M., Gobal, R., & Zaini, M. F. (2023). Teachers’ Self-Assessment of and Perceptions on Higher-Order Thinking Skills Practices for Teaching Writing. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 337–349. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.34

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Uswatun, K., & Hidayah, I. (2022). Meta Analysis of Models Learning in Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Junior High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 11(1), 58–65. https://doi.org/10.15294/ujme.v11i1.55859

Wiyaka, W., Prastikawati, E. F., & Kusumo Adi, A. P. (2020). Higher-Order Thinking Skills (HOTS)-based Formative Assessment: A Proposed Model for Language Learning Assessment. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 9(2), 115–130. https://doi.org/10.21580/vjv9i25859

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Darong, H. C., Erna Mena Niman, & Fransiskus Nendi. (2024). PENDAMPINGAN BERBASIS HOTS: STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 153–161. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13539
Abstract viewed = 16 times