PENDAMPINGAN OPTIMALISASI DIGITAL KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI UMKM

.

Authors

  • Resita Septia Rahma Politeknik Piksi Input Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13385

Keywords:

Pendampingan, Usaha, Promosi, Teknologi Informasi

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pendapingi usaha UMKM di Banten yaitu Growfin Academy sebagai pusat pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas profesional di berbagai sektor. Pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas UMKM, meningkatkan akses mereka ke pasar baru, memfasilitasi adopsi teknologi informasi dalam usaha mereka, serta membantu dalam peningkatan manajemen keuangan dan operasional. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu Analisis observasi lapangan kegiatan operasional di Growfin Academy. Hasil Analisis dan pendampingan menunjukan bahwa dari 3 (tiga) taget tujuan penampingan yaitu niat beli, tingkat transaksi, dan loyalitas saat pendampingan memberikan angka peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, Growfin Academy dapat meningkatkan daya saing, menghadapi tantangan pasar, dan pada akhirnya berkontribusi lebih banyak lagi terhadap perekonomian daerah serta menciptakan lapangan kerja baru.

References

Ambarsyah, P., 2019. Analisis Deskriptif Loyalitas Konsumen Ud. Intan Unggas. Skripsi STIE Malang Kucecwara

Sekaran, U., dan Bougie, R. 2016. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Edisi ketujuh. West Sussex.: John Wiley & Sons Ltd.

Neuman, W. 2014. Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches. Edisi Ketujuh. United State: Pearson Education Limited.

Hery, A., 2021. Kewirausahaan. Yrama widya. Bogor.

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A. 2020. Kewirausahaan dan UMKM. Edisi Pertama. Yayasan Kita Menulis. Jakarta

Leon G. Schiffman dan Leslie Kanuk. 2015. Consumer Behavior.

Edisi Sebelas. Publisher: Pearson Education. New York

Published

2024-08-02

How to Cite

Rahma, R. S. (2024). PENDAMPINGAN OPTIMALISASI DIGITAL KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI UMKM: . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 125–130. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.13385
Abstract viewed = 23 times