KEGIATAN INKUBASI BISNIS MENGEBANGAN TECHNOPRENEURSHIP DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI

Authors

  • Yaddarabullah Yaddarabullah Universitas Trilogi http://orcid.org/0000-0003-0760-0896
  • Lahandi Baskoro Universitas Trilogi
  • Bayyinah Nurulhaq Universitas Trilogi
  • Rizka Ramayanti Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1292

Keywords:

inkubasi bisnis, teknopreneur, bisnis mahasiswa

Abstract

Inkubator Bisnis Trilogi (INBISTRO) adalah unit di Universitas Trilogi yang bertugas untuk mengembangkan kewirausahaan untuk mahasiswa, dosen, almuni dan masyarakat di lingkungan Universitas Trilogi. Tahun 2018 ini, INBISTRO mendapatkan hibah pendanaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui skema Program Pengembangan Kewirausahaan. Hibah tersebut ditujukan untuk melahirkan sejumlah mahasiswa wirausahawan yang mampu menjalankan bisnisnya secara mandiri selepas lulus dari program inkubasi bisnis yang dilakukan oleh INBISTRO. Program tersebut dilakukan dengan proses inti yang terbagi jadi (1) Pra-inkubasi, dimana tenant mendapatkan pengetahuan dasar tentang pengembangan bisnis; (2) Inkubasi, dimana tenant didampingi untuk menyempuranakan produk dan model bisnis; dan (3) Pasca-inkubasi, dimana tenant meluncurkan produk dan dihubungkan dengan mitra strategis. Program inkubasi bisnis yang diselenggarakan oleh INBISTRO membuka kesempatan bagi 20 tim tenant untuk mengembangkan produk dan bisnisnya. Alur proses yang sinergis dari kegiatan perkuliahan dan rangkaian kegiatan inkubasi yang dilakukan oleh Universitas Trilogi bisa dijadikan contoh bagi perguruan tinggi lainnya guna menumbuhkan jumlah wirausahawan teknologi (teknopreneur) berbasis pendidikan tinggi.

References

Alexander Osterwalder, and Yves Pigneur. 2010. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley and Sons.

Alexander Osterwalder, Yves Pigneur, Gregory Bernarda, Alan Smith, and Trish Papadakos. 2014. Value Proposition Design: How to Create Products and Services Customers Want. Wiley.

Eric Ries. 2011. The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. Crown Business.

Larry Keeley, and Helen Walters. 2013. Ten Types of Innovation: The Discipline of Building Breakthroughs. Wiley.

Patrick Van Der Pijl, Justin Lokitz, Lisa Kay Solomon, and Erik van der Pluijm. 2016. Design a Better Business: New Tools, Skills, and Mindset for Strategy and Innovation. Wiley.

Rustam Lalkaka. 2006. Technology business incubation: a toolkit on innovation in engineering, science and technology. UNESCO.

Downloads

Published

2019-04-22

How to Cite

Yaddarabullah, Y., Baskoro, L., Nurulhaq, B., & Ramayanti, R. (2019). KEGIATAN INKUBASI BISNIS MENGEBANGAN TECHNOPRENEURSHIP DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1292

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 295 times