PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DALAM PROGRAM RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH)

Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Desa Parakan memiliki program pembangunan  berupa program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari pemerintah Pusat. Rumah Tidak Layak Huni adalah hunian atau rumah tinggal yang tidak layak huni disebabkan oleh tidak cukup persyaratan  baik teknis dan non teknis sebagai rumah untuk dihuni. Dalam menjalankan program ini tentunya Desa Parakan membutuhkan media informasi sebagai penujang komunikasi desa yang efektif agar program RTLH  berlangsung baik. Namun  pada realiatasnya di desa parakan pemanfaatan media komunikasi belum menjadi sarana utama dalam menginformasikan kegiatan desa secara keseluruhan.  Temuan dari penelitian ini adalah  karakteristik media informasi dimanfaatkan  oleh Desa Parakan cenderung arus pesannya dua arah, melakukan komunikasi secara langsung. Menggunakan surat sebagai media informasinya, sementara itu komunikasi tidak langsung Desa Parakan menggunakan Mading, pamflet, Banner, dan juga menggunakan teknologi seperti Whatsup, Website, Blog, Facebook. Sementara itu Sumberdaya Manusia, Media Informasi serta Dimensi Budaya menjadi pemicu  yang mempengaruhi dalam penyampaian informasi RTLH.

 

Keywords

RTLH (Habitable home), The Media of Information.

Full Text:

PDF

References

Badri M. 2016. Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan Desa Membangun). Jurnal risalah: 27 (2): 62-73.

Direktorat Jenderal Pemberdayaan sosial. 2010. Pedoman Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Kementerian Sosial RI, Jakarta.

Indah IN, Yulianto L. 2011. Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok Pidra Desa Gawang Kecamatan Kebnagung Kabupaten Pacitan. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 3 (4) : 30-33.

Kusumadinata AA, Fitriah M. 2017. Media Komunikasi Pemberdayaan. Unida Press, Bogor (ID).

Mawardini A, Abdurakman O. 2016. Pengadaan Sarana Perpustakaan Bagi Masyarakat. Qodrul Hasan 2 (1) : 1-7.

Moleong LJ. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung (ID).

Roebyantho H, Unayah N. 2014. I,plementasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Rehablitasi Sosial Rumah Tidak Layak Hnui *RTLH) di Kota Garut, Provinsi Jawa Barat. Sosio Konsepsia 4 (1) : 311-330.

Siagian SP. 1991. Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta. Jakarta (ID).

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 6 . 2014. Tentang Desa. (di unduh tanggal 03 Agustus 2017, di akses http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2014_6.pdf.

Sumber Internet http://desaparakan234.blogspot.co.id/. [diakses 11 September 2017]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.