IbM PEMASARAN PRODUK KERAJINAN HASIL DAUR ULANG SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS WEB

Authors

  • Rusham Rusham Universitas Islam “45” Bekasi
  • Joko Pramono Universitas Islam “45” Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1187

Keywords:

Sampah, produk kerajinan, pemasaran berbasis web.

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat berupa pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi industri kerajinan tangan yang kreatif semakin giat dikembangkan oleh berbagai daerah di Indonesia, program ini juga berkembangan di Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, di wilayah ini sendiri terdapat kelompok kecil (small group) yang bernama POSDAYA BAHAGIA dimana anggota dan pengurus POSDAYA tersebut adalah Ibu-ibu rumah tangga. POSDAYA yang dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga tersebut mampu mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos dan kerajinan tangan berupa tas, dompet dan lain-lain. Persoalan utama yang dihadapi oleh kelompok ibu-ibu POSDAYA ini adalah pada pemasaran hasil produk, salah satu upaya yang ingin dikembangkan adalah memasarkan produk kerajinan ini melalui website sebagai upaya promosi, yang sementara ini promosi yang dilakukan masih menggunakan pola-pola tradisional. Tema IbM Pemasaran produk kerajinan tangan dari hasil daur ulang sampah rumah tangga berbasis web. Keputusan mengambil tema ini diawali dari hasil survey dan interaksi sosial dengan Pengurus POSDAYA maupun warga yang melakukan aktivitas membuat kerajinan tangan dari hasil daur ulang sampah yang berada di Kelurahan Bahagi.Pembuatan web dan Pelatihan pemasaran produk berbasis Web dilakukan dengan melatih kelompok POSDAYA yang akan mengelola dan memasarkan produk hasil daur ulang sampah tersebut melalui Website Pasar Bahagia Online dengan sistem layanan yang yang terintegrasi. Luaran yang dihasilkan oleh program IbM ini adalah keterampilan mitra untuk memproduksi produk kerjainan dari hasil daur ulang sampah rumah tangga dan sistem layanan pemasaran melalui Website Bahagia serta terbentuknya usaha ekonomi produktif yang dikelola secara bersama.

Author Biographies

Rusham Rusham, Universitas Islam “45” Bekasi

FE-Manajemen

Joko Pramono, Universitas Islam “45” Bekasi

FE-Manajemen

References

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk KeunggulanBersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta

Andi Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta

Andi Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta

Alfiandra. 2009. Kajian partisipasi masyarakat yang melakukan pengelolaan persampahan 3R di Kelurahan Ngaliyan dan Kalipancur Kota Semarang [tesis]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro. [Internet]. [diunduh 2013 November 9]. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/24266/1/ALFIANDRA.pdf‎.

Budiman RA, Saam Z, Thamrin. 2013. Partisipasi dan persepsi masyarakat dalam upaya menjaga mengelola lingkungan hidup dan mempertahankan predikat kota bersih. Jurnal Ilmu Lingkungan [Internet]. [diunduh 2013 Oktober 9]. 7(2):103-113. Tersedia pada: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JIL/article/download/1498/ 1473.

Candra I. 2012. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga (Studi kasus di Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara). Sociodev-Jurnal Ilmu Sosiatri [internet]. [diunduh 2013 oktober 9]; 1(1):1-21. Tersedia pada: http:// jurnalmahasiswa.
fisip.untan.ac.id/index.php/jurnalsosiatri/article/view/140.
DP2M Dikti. (2006). Panduan Pengelolaan Program Hibah DP2M Ditjen Dikti. Jakarta: DP2M Ditjen Dikti.

DP2M Dikti. (2009). Buku Panduan Pengelolaan Hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat DP2M Ditjen Dikti Depdiknas. Jakarta: DP2M Ditjen Dikti

Lana, Sularto, (2007) Pengaruh Informasi Periklanan Di internet dan Pemasaran Melalui Email Terhadap Pemrosesan Informasi Periklanan Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Wilayah Jabodetabek, Disertasi Doktor, Imu Ekonomi Universitas Gunadarma. Jakarta.

LPPM Unisma, 2012. Laporan Pelaksanaan KKN Unisma Bekasi di Kelurahan Bahagia
Kalakota Dan Whinston, (1996) Frontiers Of Electronic Commerce, Addison-Wesley Publilshing Company, Inc, Massachusetts.

Purbo, W.Onno, 2003. Membangun Server Internet dengan FreeBSD, Jakarta, PT Elex Media Komputindo Simamora, Bilson.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. (2001). “Perspektif e-Business: Tinjauan Teknis, Manajerial, dan Strategi”, Penerbit Andi Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-04-17

How to Cite

Rusham, R., & Pramono, J. (2018). IbM PEMASARAN PRODUK KERAJINAN HASIL DAUR ULANG SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS WEB. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1187

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 483 times