PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENAIK KELASKAN WARUNG LAKSA

Authors

  • Nadila Nur’Aeni IPB University
  • Pocut Nazla Arina IPB University
  • Nada Farhanah Institut Pertanian Bogor
  • Farida Ratna Dewi IPB University
  • Ma’mun Sarma IPB University

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.11258

Keywords:

strategi pemasaran, usaha mikro kecil menengah, naik kelas

Abstract

ABSTRACT

MSMEs play a significant role in Indonesia's economic growth, reaching 99% of all business units. The majority of MSMEs are food industry businesses with a total of 1.59 million businesses, or 36.70 percent of the total number of MSME businesses. Warung Laksa Bogor Kang Dadi is one of the MSMEs in the food industry. The problem experienced by Warung Laksa Bogor Kang Dadi is that the marketing strategy, both online and offline, is not yet optimal. This activity aims to develop a marketing strategy for MSMEs in order to expand the scale of Laksa Bogor Kang Dadi MSMEs. The method employed is to improve marketing system strategies, financial recording systems, production operations management, and spatial planning in order to scale up MSMEs. This activity results in the implementation of market research as well as developing offline and online marketing strategies implemented with MSMEs. The implication of this activity is to increase consumer brand awareness of MSMEs Laksa Bogor Kang Dadi.

ABSTRAK

Peran UMKM terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia sangat besar, yakni mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Sebagian besar UMKM merupakan usaha industri makanan dengan jumlah 1,59 juta usaha, atau sebanyak 36,70 persen dari total jumlah usaha UMKM. Salah satu UMKM yang bergerak di sektor makanan adalah Warung Laksa Bogor Kang Dadi. Permasalahan yang dialami oleh Warung Laksa Bogor Kang Dadi adalah belum optimalnya strategi pemasaran, baik secara online maupun offline. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran UMKM dengan tujuan menaik kelaskan UMKM Laksa Bogor Kang Dadi. Metode yang digunakan berupa kegiatan menaik kelaskan UMKM dengan meningkatkan strategi sistem pemasaran, sistem pencatatan keuangan, manajemen produksi operasi hingga penataan tata ruang. Hasil dari kegiatan ini adalah terlaksananya riset pasar serta pengembangan strategi pemasaran offline dan online yang dilaksanakan bersama UMKM. Implikasi kegiatan ini adalah meningkatnya brand awareness konsumen terhadap UMKM Laksa Bogor Kang Dadi.

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018.

Digital Marketing Sebagai Strategi

Komunikasi. Jurkom, Riset

Komunikasi 1 (1). Hal 147–157.

Badan Pusat Statistik. 2023. Profil

industri mikro dan kecil 2022.

https://www.bps.go.id/publicatio

n.html?Publikasi%5BtahunJudul%

D=2022&Publikasi%5BkataKunci

%5D=profil+industri+mikro&Publi

kasi%5BcekJudul%5D=0&Publikas

i%5BcekJudul%5D=1&yt0=Tampil

kan

Fidela A, Pratama A, Nursyamsiah T.

Pengembangan Usaha Mikro

Kecil dan Menengah (UMKM)

dengan Program Pemasaran Desa

Jambu Raya di Desa Jambu,

Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat

Inovasi Masyarakat 2 (3). Hal 493‒

Husaeni UA, Dewi TK. 2019. Pengaruh

Pembiayaan Mikro Syariah

terhadap Tingkat

Perkembangan Usaha Mikro

Kecil. Bongaya Journal for

Research in Management 2 (1).

Hal 48-56.

[Kemenko Perekonomian]

Kementrian Koordinator Bidang

Perekenomian. 2022 Okt 1.

Perkembangan UMKM sebagai

Critical Engine Perekonomian

Nasional Terus Mendapatkan

Dukungan Pemerintah. [diakses

Nov 24].

https://ekon.go.id/publikasi/de

tail/4593/perkembanganumkm-sebagai-critical-engineperekonomian-nasional-terusmendapatkan-dukunganpemerintah

Kotler, Philip dan Arsmtrong, Gary.

Prinsip – Prinsip

Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta :

Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014.

th Principles of Marketing 15

Edition. Pearson Education

Limited.

Sulistiyani, Pratama A. 2020. Analisis

Strategi Pemasaran Dalam Upaya

Peningkatan Daya Saing Umkm.

Jurnal Pemasaran Kompetitif 3 (2).

Hal 31 – 39

Widayati, K. 2018. Implementasi SWOT

Strategi Pemasaran Online dan

Offline Pada PT Roti Nusantara

Prima Cabang Jatiasih, Bekasi.

Jurnal Sekretari dan Manajemen,

(2).

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Nur’Aeni, N., Nazla Arina, P. ., Nada Farhanah, Ratna Dewi, F. ., & Sarma, M. . (2024). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENAIK KELASKAN WARUNG LAKSA . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 301–309. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.11258

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 13 times