IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET KARTU DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10101Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Literasi Baca-Tulis, Permainan Tradisional, Petak Umpat, Sekolah DasarAbstract
Literasi baca-tulis menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik, namun literasi baca-tulis belum begitu dikembangkan di SD Amaliah. Pengembangan literasi baca-tulis dapat dilakukan melalui permainan tradisional petak umpet kartu yang memuat permainan kosa kata melalui langkah permainan yang menarik. Pengabdian masyarakat ini mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui permainan petak umpet kartu. Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui permainan petak umpet kartu agar sekolah dapat menjadi wadah pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui budaya literasi dan membentuk siswa yang terampil dalam literasi baca-tulis. Terdapat 4 tahap dalam metode pelaksanaan : (1) Persiapan awal, melakukan screening awal melalui pretest dan identifikasi masalah; (2) Pelaksanaan, mengimplementasikan Gerakan Literasi Baca-Tulis melalui permainan petak umpet kartu; (3) Evaluasi pelaksanaan program melalui postest; dan (4) Keberlanjutan program setelah kegiatan selesai. Partisipan dalam kegiatan ini adalah siswa kelas IV SD Amaliah yang berjumlah 42 orang. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilaksanakan, kemampuan literasi baca-tulis siswa telah mengalami peningkatan sebesar 73%, hal ini sebagaimana hasil post test dan evaluasi menunjukan kecakapan siswa dalam merangkai kalimat dan memahami kosa kata ditandai peningkatan selama pelaksanaan GLS di SD Amaliah.
References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A,70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351
Gianistika, C., Arini, D. A., & Andriana. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Peningkatan Pemahaman Materi Gaya Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.193
Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional Untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5 NO 2. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344
Irwanto, Nasution, S. A., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Aspek Kognitif. 2(1), 83–94.
Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sainsdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 No.1.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 200–206.
Prasetyo,T.(2022). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Universitas Djuanda.
Prasetyo, T., Firmansyah, W., & Novitasari, A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Basis Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Siswa. 119–128.
Sesrita, A. (2017). Improved Understanding of Concepts Through CTL Association Think-Pair-Share Technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318
Sesrita, A. (2020). Analisis Buku Ajar IPA untuk Mengetahui Pemahaman Literasi Sains Guru. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489
Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candinasa, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5 No.1.
Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.
Utami, I. I. S., & Muhdiyati, I. (2020). Distribusi Pembelajaran Melalui Lagu Pada Buku Tematik Kelas Rendah Sekolah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 No. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i2.955
Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3271
Yosmelia, Y., & Aulia, P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3), 270-276.
Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sainsdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 No.1.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 200–206.
Prasetyo,T.(2022). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Universitas Djuanda.
Prasetyo, T., Firmansyah, W., & Novitasari, A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Basis Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Siswa. 119–128.
Sesrita, A. (2017). Improved Understanding of Concepts Through CTL Association Think-Pair-Share Technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318
Sesrita, A. (2020). Analisis Buku Ajar IPA untuk Mengetahui Pemahaman Literasi Sains Guru. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489
Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candinasa, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5 No.1.
Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.
Utami, I. I. S., & Muhdiyati, I. (2020). Distribusi Pembelajaran Melalui Lagu Pada Buku Tematik Kelas Rendah Sekolah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 No. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i2.955
Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3271
Yosmelia, Y., & Aulia, P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3), 270-276.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afridha Sesrita, Teguh Prasetyo, Irma Inesia Sri Utami, Dita Amelia, Nur Shabrina Khairunnisa, Regina Febriani, Shakilla Azzahra, Salma Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.