IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET KARTU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Afridha Sesrita Universitas Djuanda
  • Teguh Prasetyo Universitas Djuanda
  • Irma Inesia Sri Utami Universitas Djuanda
  • Dita Amelia Universitas Djuanda
  • Nur Shabrina Khairunnisa Universitas Djuanda
  • Regina Febriani Universitas Djuanda
  • Shakilla Azzahra Universitas Djuanda
  • Salma Yuliani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10101

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Literasi Baca-Tulis, Permainan Tradisional, Petak Umpat, Sekolah Dasar

Abstract

Literasi baca-tulis menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik, namun literasi baca-tulis belum begitu dikembangkan di SD Amaliah. Pengembangan literasi baca-tulis dapat dilakukan melalui permainan tradisional petak umpet kartu yang memuat permainan kosa kata melalui langkah permainan yang menarik. Pengabdian masyarakat ini mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui permainan petak umpet kartu. Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui permainan petak umpet kartu agar sekolah dapat menjadi wadah pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui budaya literasi dan membentuk siswa yang terampil dalam literasi baca-tulis. Terdapat 4 tahap dalam metode pelaksanaan : (1) Persiapan awal, melakukan screening awal melalui pretest dan identifikasi masalah; (2) Pelaksanaan, mengimplementasikan Gerakan Literasi Baca-Tulis melalui permainan petak umpet kartu; (3) Evaluasi pelaksanaan program melalui postest; dan (4) Keberlanjutan program setelah kegiatan selesai. Partisipan dalam kegiatan ini adalah siswa kelas IV SD Amaliah yang berjumlah 42 orang. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilaksanakan, kemampuan literasi baca-tulis siswa telah mengalami peningkatan sebesar 73%, hal ini sebagaimana hasil post test dan evaluasi menunjukan kecakapan siswa dalam merangkai kalimat dan memahami kosa kata ditandai peningkatan selama pelaksanaan GLS di SD Amaliah. 

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A,70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351

Gianistika, C., Arini, D. A., & Andriana. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Peningkatan Pemahaman Materi Gaya Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.193

Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional Untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5 NO 2. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344

Irwanto, Nasution, S. A., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model IOC Berasosiasi Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV dalam Aspek Kognitif. 2(1), 83–94.

Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sainsdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 No.1.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 200–206.

Prasetyo,T.(2022). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Universitas Djuanda.

Prasetyo, T., Firmansyah, W., & Novitasari, A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Basis Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Siswa. 119–128.

Sesrita, A. (2017). Improved Understanding of Concepts Through CTL Association Think-Pair-Share Technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318

Sesrita, A. (2020). Analisis Buku Ajar IPA untuk Mengetahui Pemahaman Literasi Sains Guru. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candinasa, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5 No.1.

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.

Utami, I. I. S., & Muhdiyati, I. (2020). Distribusi Pembelajaran Melalui Lagu Pada Buku Tematik Kelas Rendah Sekolah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 No. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i2.955

Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3271

Yosmelia, Y., & Aulia, P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3), 270-276.

Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sainsdi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 No.1.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 200–206.

Prasetyo,T.(2022). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Universitas Djuanda.

Prasetyo, T., Firmansyah, W., & Novitasari, A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Basis Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Siswa. 119–128.

Sesrita, A. (2017). Improved Understanding of Concepts Through CTL Association Think-Pair-Share Technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318

Sesrita, A. (2020). Analisis Buku Ajar IPA untuk Mengetahui Pemahaman Literasi Sains Guru. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candinasa, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5 No.1.

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.

Utami, I. I. S., & Muhdiyati, I. (2020). Distribusi Pembelajaran Melalui Lagu Pada Buku Tematik Kelas Rendah Sekolah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 No. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i2.955

Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Edukatif di SDN Karangrejo 02 Jember. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/emp.v4i0.3271

Yosmelia, Y., & Aulia, P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3), 270-276.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Sesrita, A., Prasetyo, T., Sri Utami, I. I. ., Amelia, D., Khairunnisa, N. S., Febriani, R. ., Azzahra, S., & Yuliani, S. . (2023). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET KARTU DI SEKOLAH DASAR. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 201–208. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10101

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 24 times