STRATEGI PENGEMBANGAN E-COMMERCE PADA GALERI TENUN PIPIT SONGKET PALEMBANG MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Authors

  • Ferizka Tiara Devani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Marti Utari Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v9i1.8498

Keywords:

E-Commerce, EFAS, EFE, IFAS

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penentuan alternatif strategi dalam pengembangan usaha yang dijalankan oleh Galeri Tenun Pipit Songket. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi ke tempat usaha dan studi literatur. Setelah data terkumpul, akan dilakukan analisa dengan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menjadi dasar perhitungan matriks EFE, yang pada kasus ini menunjukkan angka 3,05, sedangkan pertitungan matriks IFE menunjukkan angka 3,2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis General Strategy Matriks pada Galeri Tenun Pipit Songket berada di kuadran I, yang artinya termasuk ke dalam strategi pertumbuhan agresive (growth oriented strategy). Oleh sebab itu, alternatif strategi yang disarankan dirumuskan menggunakan matriks SWOT dengan SO, WO, ST, dan WT, dengan salah satu strategi yang diusulkan adalah pengembangan E-Commerce. Pemberian alternatif strategi yang tepat berdasarkan kondisi eksternal dan internal UMKM dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan dari organisasi.

References

Azis, M., Malik, D., & Hasiholan, L. (2019). Swot Analysis in the Implementation of Marketing Strategies for Ace Hardware Companies. Journal of Management.

Barrella, E. (2012). Strategic Planning For A Sustainable Transportation System: A Swot-Based Framework For Assessment And Implementation Guidance For Transportation Agencies. Georgia Institute of Technology.

David, F. R., & David, Forest R. (2014). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi 15. Penerbit Salemba Empat.

Khan., A, Gani ., A. W, Abdul Wahab., S, Iqbal., A, Abdelaziz., O.A, Mahdi., V, C. (2016). Towards an Applicability of Current Network Forensics for Cloud Networks: A SWOT Analysis. IEEE Computer SocietySociety.

Kozinets, Robert V., et al. (2010). Networked narratives: Understanding word-of-mouth marketing in online communities. Journal of Marketing 74.2 (2010): 71-89.

Novita, D. (2018). Strategi Pengembangan Program Studi Dalam Meningkatkan Perolehan Jumlah Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Manajemen Kinerja.

Shaw, Michael, et al. (2012). Handbook on electronic commerce. Springer Science & Business Media.

Syarofie, Y. (2007). Songket Palembang : nilai filosofis, jejak sejarah, dan tradisi.

Umar, H. (2002). Strategic Management in Action, cetakan kedua. Gramedia Pustaka Utama.

Viatra, A. W., & Triyanto, S. (2014). Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenun di Indralaya, Palembang.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Tiara Devani, F., & Utari, M. . (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN E-COMMERCE PADA GALERI TENUN PIPIT SONGKET PALEMBANG MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Jurnal Visionida, 9(1), 113–124. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i1.8498

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 27 times