PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA HALAL BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v9i1.8308Keywords:
Halal Tourism, Tourist Perception, Halal Travel DestinationsAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh persepsi wisatawan mengenai pariwisata halal terhadap keputusan mengunjungi wisata halal. Persepsi wisatawan mengenai pariwisata halal dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi 3 variabel, yaitu persepsi wisatawan mengenai destinasi pariwisata halal, akomodasi pariwisata halal, serta pelayanan dan biro perjalanan pariwisata halal. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik biner, dengan cara perolehan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 400 responden yang pernah berwisata di Bandung dalam 5 tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi wisatawan mengenai pariwisata halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan mengunjungi wisata halal, juga terdapat hubungan yang positif antara persepsi wisatawan terhadap keputusan mengunjungi.
References
Afrelian, M. I., & Furqon, I. K. (2018). Majelis Ulama Indonesia Dalam Operasional Lembaga. MIZANI: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(2), 1–12.
Al Hasan, F. A. (2017). Penyelenggaraan Parawisata Halal di Indonesia (Analisis Fatwa DSN-MUI tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah). Al-Ahkam, 2(1), 59–77. https://doi.org/10.22515/al-ahkam.v2i1.699
Aprilia, F. (2015). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata âJawa Timur Park 2â Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(1), 86013.
Asmunianto. (2019). Implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah NTB No 2 Tahun 2016 Tentang Industri Pariwisata Halal. In Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Astuti, R. D. R. S. (2019). Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Collaborative Governance Dalam Pengembangan Pariwisata Di Indonesia, 01, 331–353.
Bekti, R. D., Pratiwi, N., Jatipaningrum, M. T., & Auliana, D. (2017). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Karakteristik Konsumen Dalam Memilih Minimarket Dengan Metode Regresi Logistik Dan Cart. Media Statistika, 10(2), 119. https://doi.org/10.14710/medstat.10.2.119-130
BPS Bandung. (2019). Kota Bandung dalam Angka. Bandungkota.Go.Id. https://drive.google.com/file/d/1cKAnYDk0tMyXfeiVMQiKk3EhaUcNlnxJ/view
Buana, T. R. (2017a). Analisis Faktor Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Daerah Dari Sektor Pariwisata Di Kota Bandung. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Buana, T. R. (2017b). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Daerah Dari Sektor Pariwisata Di Kota Bandung. 1–3.
Databoks. (2019). Berapa Jumlah Penduduk Muslim Indonesia? | Databoks. Katadata.Co.Id, 2050. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/24/berapa-jumlah-penduduk-muslim-indonesia
Djakfar, M. (2017). Pariwisata Halal Persepektif Multidimensi. Uin-Maliki Press.
DSN-MUI. (2016). Fatwa Pariwisata Syariah. 19, 1–9. https://drive.google.com/file/d/0BxTl-lNihFyzV0dPcEdtd0kwN2M/view
Dwi, S. S. (2018). Persepsi dan Preferensi Wisatawan Tebing Breksi Sleman Terhadap Potensi Wisata Syariah.
FMIPA Universitas Andalas. (2020). Permodelan Dengan Regresi Logistik.
Gilang Widagdyo, K. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 73–80.
Hamim, M. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Preferensi Masyarakat Menabung pada Bank Syariah Kabupaten Boyolali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Haniah, U. (2019). Persepsi Kiai dan Santri Terhadap Destinasi Pariwisata Halal Umbul Asri Klaten. FLEPS 2019 - IEEE International Conference on Flexible and Printable Sensors and Systems, Proceedings, 6(1), 1–46. https://doi.org/10.1016/j.surfcoat.2019.125084
Harahap, D. N. (2019). Analisis Pengembangan Pariwisata Halal di Provinsi Riau. ISSN 1978-3787, 6(1), 5–10. https://doi.org/10.1109/MTAS.2004.1371634
Hendayana, R. (2015). Penerapan Metode Regresi Logistik Dalam Menganalisis Adopsi Teknologi Pertanian. Informatika Pertanian, 22(1), 1. https://doi.org/10.21082/ip.v22n1.2013.p1-9
Huda, N., Zulihar, Z., & Rini, N. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Muslim Memilih Hotel Syariah. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 2(4), 490. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.4033
Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.410
INTERNATIONAL TOURISM 2019 AND OUTLOOK FOR 2020. (2020).
Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. SSRN Electronic Journal, 76237. https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864
KBBI. (2016). Persepsi. Kemendikbud.
Kemenkeu. (2009). UU Republik Indonesia No 10 Tahun 2009. UU Republik Indonesia, 2009(75), 31–47.
Kemenparekraf. (2018). Indonesia Dominates World Halal Tourism Award. Indonesia Travel.
Kementerian Pariwisata. (2016). Ranking Devisa Pariwisata Terhadap 11 Ekspor barang Terbesar, Tahun 2011 - 2015. Ranking Devisa Pariwisata Terhadap 11 Ekspor Barang Terbesar, Tahun 2011 - 2015, 1. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/devisa2011-2015.pdf
Kementrian Komunikasi dan Informatika. (2019). Indonesia Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019. Kemenkominfo.
Khaeri, H., & Pawitan, G. (2018). Penerapan Model Regresi Logistik Biner Pada Motif Faktor Kewirausahaan Perempuan. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v2i1.428
Kotimah, K. M., & Wulandari, P. S. (2014). Model Regresi Logistik Biner Stratifikasi Pada Partisipasi Ekonomi Perempuan Di Provinsi Jawa Timur. JURNAL SAINS DAN SENI POMITS Vol. 3, No.1, (2014) 2337-3520 (2301-928X Print), 3(1), 2337–3520.
Mastercard-CrescentRating. (2019). Indonesia Muslim Travel Index.
Mastercard, & CrescentRating. (2019). Global Muslim Travel Index 2019. April, 01–63. https://www.crescentrating.com/halal-muslim-travel-market-reports.html.
Maulana, A. (2020). Preferensi Masyarakat Jakarta Terhadap Wisata Halal dan Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Millatina, A. N., Hakimi, F., Zaki, I., & Yuningsih, I. (2019). Peran Pemerintah Untuk Menumbuhkan Potensi Pembangunan Pariwisata Halal Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 96–109.
Nasrullah, A. (2016). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha di Indonesia. ثبثبثب, 2002(1), 35–40. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188
Nurwilda, S. A. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MUSLIM DOMESTIK DAN MANCANEGARA DI KOTA BANDUNG.
Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985
Rakhmat, C. (2018). Rantai Pasok Pariwisata Halal.
Sari, F. K., Safitri, N., & Anggraini, W. (2019). Persepsi, Sikap dan Minat Pariwisata Halal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 137. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v2i2.857
Sarwono, J. (2013). Pengertian Dasar Structural Equation Modelling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Halal Tourism: Development, Chance and Challenge. Journal of Halal Product and Research, 1(2), 32. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.1-issue.2.32-43
Sholehudin, M. (2019). Deklarasi Muslim Friendly City.
STB. (2016). International Visitor Arrivals.
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol, 4(2), 49–72.
Subdirektorat Statistik Pariwisata. (2017). Neraca Satelit Pariwisata Nasional (NASPERNAS) 2017. https://www.bps.go.id/publication/2019/03/26/66604e9f077983c15b80e2bc/neraca-satelit-pariwisata-nasional--nesparnas--201
Suherlan, A. (2015). Persepsi Masyarakat Jakarta Terhadap Islamic Tourism. The Journal of Tauhidinomics, 1(1), 61–72.
Sujai, M. (2016). Strategi Pemerintah Indonesia Dalam Menarik Kunjungan Turis Mancanegara. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 20(1), 61–76. https://doi.org/10.31685/KEK.V20I1.181
Sunhadji, R. (2010). Pengertian Halal dan Haram Menurut Ajaran Islam. MUI BALI.
Surya, Elfitra Desi, Sari, A. K., & Saputra, H. (2016). Persepsi Pariwisata Halal Di Provinsi Sumatera Barat Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Mengunjungi Wisata Halal Dunia. 51–58.
Surya, Elfitra Desy, Sari, A. K., & Saputra, H. (2016). Perception of Halal Tourism In West Sumatera Province And Its Implications On Decision Visiting After World Halal Tourism Award Tourists Of 2016. 51–58.
Syeikh Muhammad Yusoff el-Qardawi. (1993). Halal dan Haram dalam Pandangan Islam.
Wibowo, L. A. (2008). Usaha Jasa Pariwisata. Tropical Infectious Diseases, 2, 1289–1303. https://doi.org/10.1016/B978-0-443-06668-9.50118-6
WTTC. (2019). Travel & Tourism: global economic impact. World Travel & Tourism Council, 10–11. https://www.statista.com/statistics/233223/travel-and-tourism--total-economic-contribution-worldwide/
Zahida, B., & Maryani. (2019). Perspektif Maqhasid Syariah Dalam Pengembangan Destinasi Wisata Halal Di Indonesia. LP4MP, 154–161
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 (Jurnal Visionida)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work