PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NIPAR COFFEE SHOP CIAWI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Deranti Amalia Universitas Djuanda Bogor
  • Sudarijati Universitaas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v8i2.6984

Keywords:

Budaya, Sosial, Psikologis, Keputusan Pembelian

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu hal penting yang akan mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Mengingat besarnya pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian, sudah selayaknya para pelaku usaha memperhatikan hal tersebut agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian sehingga tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian pada Nipar Coffee Shop Ciawi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sampel berjumlah 100 orang konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Nipar Coffee Shop Ciawi Kabupaten Bogor.

Kata Kunci : Budaya, Keputusan Pembelian, Pribadi, Psikologis, Sosial

 

References

Assauri,,S..2018..Manajemen Bisnis Pemasaran. Rajawali Pers:Depok.

Badan Pusat Statistika Kabupaten Bogor. 2021. https://bogorkab.bps.go.id/ (Diakses pada Sabtu, 23 Oktober 2021, 18:54)

Fraenkel, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. (2nd ed). McGraw-Hill Inc: New York.

Gay, LR dan P.L Diehl. 1992. Research.Methods.for.Business.Research Methods.Boston : Richard D.Irwin, Inc.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi.Analisis.Multivariate Dengan.Program.SPSS 23, Edisi 8. Universitas Ponogoro: Semarang.

Gumilar, A. C. (2018). Analisis Stategi Perilaku Konsumen Kerajiinan Batik.Terhadap Keputusan.Pembelian.Di Kota Sukabumi. Fakultas.Ekonomi.Universitas.Djuanda.Bogor , Hal 77- 106.

Juliandi, Azuar dkk. 2014. Metodologi.Penelitian Bisnis.Konsep.dan Aplikasi. UMSU Press: Medan.

Kotler,.& Amstrong, G. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 9. Erlangga: Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Erlangga: Jakarta.

Rafiz,,F..M.,,Arifin,,Z.,,&. Hidayat,,K. 2016. Analisis.Pengaruh.Perilaku.Konsumen.Terhadap.Keputusan.Pembelian.Mobil.Merek Daihatsu..(Studi.Kasus.Kendaraan Daihatsu.Di.PT. Jolo Abadi Authozed Daihatsu Dealer Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.39 No. 2, Hal 105-110.https://www.neliti.com/id/publications/87510 (Diakses pada 11 November 2021, 14:10 WIB)

Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, H. A. 2019. Metodologi.Penelitian.Bisnis.Dengan.Aplikasi.SPSS.Edisi 2. Kerja Sama Penerbit Mitra Wacana Media: Jakarta.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen : Persepktif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen . Prenada Media Group : Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode.Penelitian.Kuantitatif, Kualitatif,,dan.R.&.D. Alfabeta: Bandung.

Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. 2017. Pengaruh.Faktor.Budaya, .Sosial, .pribadi dan.Psikologis.Terhadap.Keputusan.Pembelian. .di. ..Cafe. .Cangkir.Klasik.Jember.Jurnal Penelitian IPTEK, Vol. 2 No. 2, P-ISSN: 2459-9921 E-ISSN: 2528-0570, Hal 154-165. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php (Diakses pada 11 November 2021, 14:55 WIB)

Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. V. 2017. Analisis Faktor.Yang Mempengaruhi.Perilaku.Konsumen.Terhadap.Keputusan.Pembelian. Di Texas Chicken Manado.Jurnal EMBA, Vol. 5 No. 2, ISSN 2303-1174, Hal 1117-1121. https://academic.microsoft.com/paper/2891884198/related

Utami, W. T., & Yuliawati. 2020. Faktor.Sosial, Pribadi.dan.Psikologi.yang.Mempengaruhi.Keputusan.Pembelian.Minuman.di.Kampoeng.Kopi.Banaran. AGRILAN, Vol.8 No. 2, Hal 132-146. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php

Widodo.2019. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers: Depok.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Deranti Amalia, & Sudarijati. (2022). PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NIPAR COFFEE SHOP CIAWI KABUPATEN BOGOR. Jurnal Visionida, 8(2), 106–123. https://doi.org/10.30997/jvs.v8i2.6984

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 26 times