PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NIPAR COFFEE SHOP CIAWI KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v8i2.6984Keywords:
Budaya, Sosial, Psikologis, Keputusan PembelianAbstract
Keputusan pembelian merupakan suatu hal penting yang akan mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Mengingat besarnya pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian, sudah selayaknya para pelaku usaha memperhatikan hal tersebut agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian sehingga tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian pada Nipar Coffee Shop Ciawi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sampel berjumlah 100 orang konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Nipar Coffee Shop Ciawi Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Budaya, Keputusan Pembelian, Pribadi, Psikologis, Sosial
References
Assauri,,S..2018..Manajemen Bisnis Pemasaran. Rajawali Pers:Depok.
Badan Pusat Statistika Kabupaten Bogor. 2021. https://bogorkab.bps.go.id/ (Diakses pada Sabtu, 23 Oktober 2021, 18:54)
Fraenkel, J. & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. (2nd ed). McGraw-Hill Inc: New York.
Gay, LR dan P.L Diehl. 1992. Research.Methods.for.Business.Research Methods.Boston : Richard D.Irwin, Inc.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi.Analisis.Multivariate Dengan.Program.SPSS 23, Edisi 8. Universitas Ponogoro: Semarang.
Gumilar, A. C. (2018). Analisis Stategi Perilaku Konsumen Kerajiinan Batik.Terhadap Keputusan.Pembelian.Di Kota Sukabumi. Fakultas.Ekonomi.Universitas.Djuanda.Bogor , Hal 77- 106.
Juliandi, Azuar dkk. 2014. Metodologi.Penelitian Bisnis.Konsep.dan Aplikasi. UMSU Press: Medan.
Kotler,.& Amstrong, G. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 9. Erlangga: Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Erlangga: Jakarta.
Rafiz,,F..M.,,Arifin,,Z.,,&. Hidayat,,K. 2016. Analisis.Pengaruh.Perilaku.Konsumen.Terhadap.Keputusan.Pembelian.Mobil.Merek Daihatsu..(Studi.Kasus.Kendaraan Daihatsu.Di.PT. Jolo Abadi Authozed Daihatsu Dealer Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.39 No. 2, Hal 105-110.https://www.neliti.com/id/publications/87510 (Diakses pada 11 November 2021, 14:10 WIB)
Rochaety, E., Tresnati, R., & Latief, H. A. 2019. Metodologi.Penelitian.Bisnis.Dengan.Aplikasi.SPSS.Edisi 2. Kerja Sama Penerbit Mitra Wacana Media: Jakarta.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen : Persepktif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen . Prenada Media Group : Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode.Penelitian.Kuantitatif, Kualitatif,,dan.R.&.D. Alfabeta: Bandung.
Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. 2017. Pengaruh.Faktor.Budaya, .Sosial, .pribadi dan.Psikologis.Terhadap.Keputusan.Pembelian. .di. ..Cafe. .Cangkir.Klasik.Jember.Jurnal Penelitian IPTEK, Vol. 2 No. 2, P-ISSN: 2459-9921 E-ISSN: 2528-0570, Hal 154-165. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php (Diakses pada 11 November 2021, 14:55 WIB)
Timmerman, V. A., Mandey, S., & Rate, P. V. 2017. Analisis Faktor.Yang Mempengaruhi.Perilaku.Konsumen.Terhadap.Keputusan.Pembelian. Di Texas Chicken Manado.Jurnal EMBA, Vol. 5 No. 2, ISSN 2303-1174, Hal 1117-1121. https://academic.microsoft.com/paper/2891884198/related
Utami, W. T., & Yuliawati. 2020. Faktor.Sosial, Pribadi.dan.Psikologi.yang.Mempengaruhi.Keputusan.Pembelian.Minuman.di.Kampoeng.Kopi.Banaran. AGRILAN, Vol.8 No. 2, Hal 132-146. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php
Widodo.2019. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers: Depok.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 (Jurnal Visionida)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work