Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi
Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Struktur Modal; Ukuran Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v8i1.5638Keywords:
Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran PerusahaanAbstract
Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian dilakukan guna dapat mencari tahu pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai perusahaan. Sampel dari penelitian ini ialah 32 perusahaan barang konsumsi yang menghasilkan profit dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 dan menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga diperoleh 96 data sampel. Metode analisis pada pengkajian ini ialah melalui analisis regresi data panel dengan hasil dalam studi ini memperlihatkan bahwa variabel profitabilitas dan struktur modallmemiliki pengaruh yang positif terhadap nilai suatu perusahaan sedangkan pada variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang negatif terhadap nilai suatu perusahaan.
References
Dewi, & Abudanti, N. (2019). Pengaruh Leverageedan Ukuran Perusahan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variable Mediasi. E-Jurnal Manajemen UNUD, 8(5), 3029–3057. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p16
Glory, J. B., Yety, F., & Triwahyuningtias, N. (2020). Determinan Nilai Perusahaan PadaaSubsektor Makanan Minuman Periode 2016-2018. Jurnal llmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 239–247.
Haryono, S. A., Fitriani, & Fatima, E. (2017). The Effect of Capital Structure and Ownership Structure on Firm Performance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14(2), 120–141.
Indriyarni, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal llmu Akuntansi, 10(2), 332–347. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649
Kristianti, I. P. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dewantara, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2222
Ngatno, C. A. T. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variable Moderator. JURNAL SOSIAL DAN POLITIK, 1–16.
Putro, D., & Risman, A. (2021). The Effect Of Capital Structure and Liquiadity On Firm Value Mediated by Profitability. The EUrASEANs: Journal on Global Social Economic Dynamics, (2(27), 27-35. https://doi.org/10.35678/2539-5645.2(27).2021.26-34
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Research Journal, 7(1), 67–82.
Riny. (2018). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goodss Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JWEM, 8(02), 139–150.
Sondakh, R. (2019). The Effect Of Dividend Policy, Liquaidity, Profitablity and Firm Size On Firm Value In Financial Services Sector Industries Listed In Indonesia Stock Exchange 2015-2018 Period. Accountability, 08(02), 92–101.
Suhendro, D. (2018). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan Pada PT Unilever Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di BEI. At-Tawssuth, III(I), 483–505.
Wardhani, W. K., Titinsari, K. H., & Suhendro (2021). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Good Corporate Gorvenance terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic and Bussiness, 5(1), 411–42.
https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.264
Wijaya, E., Budiyanto, & Asyik, N. F. (2021). Capital Structure Determinant and Profitability and Their Impact on Firm Value. International Journal of Economic and Finane, 13(10), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.5539/ijef.v13n10p99
Wulandari, R., Nurmantias, & Fadila, A. (2020). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI. Bussiness Management, Economics, and Accounting National Seminar, 411–424
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 (Jurnal Visionida)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work