Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi

Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Struktur Modal; Ukuran Perusahaan

Authors

  • Khairunisa Umairah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Jubaedah Nawir Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ardhiani Fadila Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v8i1.5638

Keywords:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan

Abstract

Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian dilakukan guna dapat mencari tahu pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai perusahaan. Sampel dari penelitian ini ialah 32 perusahaan barang konsumsi yang menghasilkan profit dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 dan menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga diperoleh 96 data sampel. Metode analisis pada pengkajian ini ialah melalui analisis regresi data panel dengan hasil dalam studi ini memperlihatkan bahwa variabel profitabilitas dan struktur modallmemiliki pengaruh yang positif terhadap nilai suatu perusahaan sedangkan pada variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang negatif terhadap nilai suatu perusahaan.

References

Dewi, & Abudanti, N. (2019). Pengaruh Leverageedan Ukuran Perusahan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variable Mediasi. E-Jurnal Manajemen UNUD, 8(5), 3029–3057. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p16

Glory, J. B., Yety, F., & Triwahyuningtias, N. (2020). Determinan Nilai Perusahaan PadaaSubsektor Makanan Minuman Periode 2016-2018. Jurnal llmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 239–247.

Haryono, S. A., Fitriani, & Fatima, E. (2017). The Effect of Capital Structure and Ownership Structure on Firm Performance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14(2), 120–141.

Indriyarni, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal llmu Akuntansi, 10(2), 332–347. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Kristianti, I. P. (2018). Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dewantara, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2222

Ngatno, C. A. T. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variable Moderator. JURNAL SOSIAL DAN POLITIK, 1–16.

Putro, D., & Risman, A. (2021). The Effect Of Capital Structure and Liquiadity On Firm Value Mediated by Profitability. The EUrASEANs: Journal on Global Social Economic Dynamics, (2(27), 27-35. https://doi.org/10.35678/2539-5645.2(27).2021.26-34

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Research Journal, 7(1), 67–82.

Riny. (2018). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goodss Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JWEM, 8(02), 139–150.

Sondakh, R. (2019). The Effect Of Dividend Policy, Liquaidity, Profitablity and Firm Size On Firm Value In Financial Services Sector Industries Listed In Indonesia Stock Exchange 2015-2018 Period. Accountability, 08(02), 92–101.

Suhendro, D. (2018). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan Pada PT Unilever Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di BEI. At-Tawssuth, III(I), 483–505.

Wardhani, W. K., Titinsari, K. H., & Suhendro (2021). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Good Corporate Gorvenance terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic and Bussiness, 5(1), 411–42.

https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.264

Wijaya, E., Budiyanto, & Asyik, N. F. (2021). Capital Structure Determinant and Profitability and Their Impact on Firm Value. International Journal of Economic and Finane, 13(10), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.5539/ijef.v13n10p99

Wulandari, R., Nurmantias, & Fadila, A. (2020). Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI. Bussiness Management, Economics, and Accounting National Seminar, 411–424

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Umairah, K., Jubaedah Nawir, & Ardhiani Fadila. (2022). Analisis Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi: Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Struktur Modal; Ukuran Perusahaan. urnal isionida, 8(1), 50–59. https://doi.org/10.30997/jvs.v8i1.5638

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 108 times