PENGARUH DIFERENSIASI DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN DOMPET DIGITAL DANA PADA PENGGUNA APLIKASI DANA DI KOTA BOGOR
Diferensiasi; Promosi Penjualan; Keputusan Pembelian.
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v8i1.5472Keywords:
Diferensiasi, Promosi Penjualan, Keputusan PembelianAbstract
Revolusi industri 4.0 telah mendorong perkembangan teknologi yang diantaranya perubahan sistem pembayaran tunai menjadi sistem pembayaran non tunai. DANA merupakan salah satu metode pembayaran secara non tunai yang sedang bertumbuh pesat dalam waktu 3 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan di kota Bogor dengn jumlah populasi sebanyak 1.048.610 Jenis sampel yang akan digunakan berupa simple random sampling dan responden yang dijadikan sample berjumlah 85 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuisioner yang kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisa yang dilakukan dengan regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa diferensiasi dan promosi penjualan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan dompet digital DANA. Faktor dominan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah diferensiasi, karena nilai signifikannya lebih besar jika dibandingkan dengan promosi penjualan. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar dompet digital DANA dapat senantiasa memberparui fitur dan style yang lebih lengkap dan mudah dipahami oleh penggunanya sebagai upaya diferensiasi agar bisa lebih diterima dibandingkan dompet digital lain.
References
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 1. Depok: Rajawali Pers.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Heru, H. (2016). Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi kasus pada pengguna sepeda motor Yamaha di Kota Tangerang. Doctoral Dissertation.
Kotler, & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pearson Education Inc 15th Edition.
Pitman, & Iswati, H. (2018). Pengaruh Teknologi Keunggulan Biaya Dan Diferensiasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus : Kta Dana Cinta). STIE Ekuitas School of Business, Vol II No 2.
Putri, B. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.
Roy. (2019). Daftar Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya? CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190815104730-37-92151/daftar-10-dompet-digital-terpopuler-di-ri-siapa-jawaranya
Simamora, F. N.,, & Situmeang, E.Y. (2019). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, Vol. I No. 1, Hal 68-79.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Yunita, R., & Prasetyo, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), Vol. II No. 2, Hal 57-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 (Jurnal Visionida)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work