ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, RISIKO, FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PENGGUNA INTERNET BANKING (STUDI KASUS BRI SYARIAH PUSAT)

Authors

  • Arif Pribadi UIN Syarif Hidayatullah
  • Rachmat Gunawan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3508

Keywords:

Keputusan Nasabah, Persepsi kemudahan, resiko dan fitur layanan Internet Banking, Bank BRI Syariah

Abstract

Analisa Keputusan Nasabah pengguna internet banking berdasarkan pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan fitur layanan pada bank BRI Syariah Pusat. Metode purposive sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Responden adalah pemilik aplikasi layanan internet banking BRI Syariah Pusat yang diteliti dalam penelitian ini. Metode analisis adalah regresi linear berganda. Keputusan Nasabah dalam pengguna internet banking di Bank BRI Syariah dipengaruhi oleh Persepsi Kemudahan, Resiko, dan Fitur yang merupakan hasil penelitian ini

 

References

Ausaf Ahmad, “Development and Problems of Islamic Bank, Islamic Research and Training Institute Islamic Development Bank”, Jeddah,1987.
Davis, F.D. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology”. MS Quarterly (online), Vol. 13 Iss. 3, pg. 318, 1989.
Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.
________________, “Aplikasi Analisis Multivariente dengan Program IBM SPSS 23”,Cetakan VII, Badan Penerbit Universitsas Dipenegoro, 2016.
Hadri Kusuma dan Dwi Susilowati.“Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking: Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Intimewa Yokyakarta”.Jurnal JAAI, Vol. 125, No. 2. 2007.
Hoyer, Wayne D. dan Maclnnis, Deborah J. “Consumer Behavior”. South-Western. Cangage Learning. 2010.
Jogiyanto.” Sistem Informasi Keprilakuan”, Yogyakarta, 2007.
Kasmir. S.E., M.M. “Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2014.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. “Manajemen Pemasaran I”, Edisi 12 Jilid 1, Jakarta: PT Indeks, 2007.
______________________________. “Manajemen Pemasaran”, Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.
______________________________. “Marketing Management”. Global Edition 13, Pearson Prentice Hall.Inc, New Jersey, 2012.
Leeraphong dan Mardjo. “Trust and Risk in Purchase Intenation throught Online Social Network”. Jurnal of Economic Business and Management, Vol. 1, No. 4. 2013
Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. “Manajemen Pemasaran Jasa”, Cetakan II, Indeks, Jakarta, 2007.
Mislah Hayati dan Sutisna. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking”. Vol.1, No.1. 2015.
Muhammad. “Manajemen Bank Syari’ah”, edisi revisi cet. ke-2, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.
Park, S.Y. “An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students’ Behavioral Intention to Use e-Learning Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162, 2009.
Pavlou, Fred “Perceived Usefulnes, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology”, MIS Quarterly, September, 2001.
Perdita Sari, Risky. “Pengaruh Persepsi manfaat, kemudahan, dan resiko terhadap menggunakanan Internet Banking nasabah bank Mandiri di Surabaya”, 2017.
Raies Ahmad, Rifat Arad and Dr. Altaf., “Customer Attitude and Factors Influencing Users Acceptance of E-Banking in J&K”. International Journal of Business and Management Invention. Vol 2, July, 2013.
Sugiyono. “Metode Penelitian Bisnis”, Alfabeta, Bandung, 2013.
_________________, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Alfabeta, Bandung, 2015.
Sun, Heshan and Ping Zhang. “Causal Relationship Between Perceived Enjoyment and Perceived Ease of Use: An Alternatif Apporach”. Journal of the Association for Information Systems 7 (9), 2006.
Supriyadi. “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan Menggunakanan, Resiko Transaksi, dan fitur layanan terhadap peggunaan internet banking BCA Purworejo”. Vol. 4 No. 12, 2014.
Umar, Fadzilah. “Pengaruh Kenyamanan , Kepercayaan, dan Kelengkapan fitur terhadap keputusan menggunakan internet Bangking”, 2014.
Yudha, Hafid Nur. “Analisis Pengaruh Persepsi Nasabah Perbankan Terhadap Internet Banking Adoption (Studi Pada Nasabah Perbankan Yang Pengguna Internet Banking Di Kota Surakarta)”. Vol 4, No 4, 2015.
https://ojk.go.id
https://bi.go.id
https://sharingvision.com

Downloads

Published

2020-12-05

How to Cite

Pribadi, A., & Gunawan, R. (2020). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, RISIKO, FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PENGGUNA INTERNET BANKING (STUDI KASUS BRI SYARIAH PUSAT). Jurnal Visionida, 6(2), 64–71. https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3508

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 312 times