STRATEGI STORE ATMOSPHERE PADA RUMAH MAKAN SOTO BOGOR MAAMAR JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3502Keywords:
Store atmosphere, Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumer Satifaction Index (CSIAbstract
Suasana toko yang dirancang dengan tepat dan menarik sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi yang bisa direkomendasikan ke perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan anilisis CSI. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil analisis Costumer Satifaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 74%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa konsumen menilai satisfied (puas) dengan Store Atmosphere rumah makan Soto Bogor Maamar. Berdasarkan hasil Importance and Performance Analysis diidentifikasi variabel aroma harus diprioritaskan dalam merancang strategi pemasaran, seperti selalu menjaga lingkungan rumah makan secara terus menerus terutama terhadap bau kurang sedap yang berasal dari lingkungan seperti draynase, saluran pembuangan dan lain sebagainya.
References
Anjungroso, Fajar. 2014. Teknologi Sepatu Lari Nike Terinspirasi dari Lompatan Astronot. Diakses dari http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/08/12/teknologi-sepatu-lari-niketerinspirasi-dari-lompatan-astronot pada tanggal 08 Februari 2017.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Berman, Barry And Evans R Joel. 2004. Retail Management. New jersey: Prentice Hall International, Inc
Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evalute Researche in Education. New York: Mc Graw-Hill Inc.
Freddy, Rangkuti. 2003. Measuring Costumer Satisfaction, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Kusumawati, A., Putri, H. L., & Kumadji, S. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monopoli Cafe Dan Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Aministrasi Bisnis (JAB). 15(2): 1-9.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, The Millenium Edition.
New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, The Millenium Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Levy, Michael & Barton Weitz. 2001. Retail Mangement (7th ed). USA: Mc GrawHill.
Levy, Michael & Barton A Weitz. 2004. Retail Mangement (5th ed). USA: Mc GrawHill.
________. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
https://marketeers.com/tahun-2016-ritel-bisa-tumbuh-12/
Freddy, Rangkuti. 2003. Measuring Costumer Satisfaction, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, M.A. (2012). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan kelima. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Tull, D.S dan L.R Kahle. 1990. Marketing Management. New York.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work