PENDEKATAN KUALITAS PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA N-MAX DI KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2721Keywords:
Kinerja, Fitur, Kehandalan, Kesesuian, Daya Tahan, Kemudahan Pelayanan, Estetika, Kesan Kualitas, Keputusan Pembelian.Abstract
Keputusan pembelian merupakan faktor penting yang mendasari konsumen untuk membeli barang atau jasa dari banyaknya pilihan barang atau jasa yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, daya tahan, kemudahan pelayanan, estetika, dan kesan kualitas) sepeda motor Yamaha N-Max pada keputusan pembelian konsumen di Kota Bogor baik secara simultan maupun parsial. Penelitian dilakukan pada pemilik sepeda motor Yamaha N-Max di Kota Bogor. Bentuk penelitian deskriptif dan verifikatif, menggunakan uji istrumen: uji validitas dan uji reliabilitas serta asumsi klasik. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah 100 responden. Dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian bahwa rata-rata tanggapan konsumen secara simultan terhadap kualitas produk (kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, daya tahan, kemudahan pelayanan, estetika, dan kesan kualitas) berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial variabel kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, kemudahan pelayanan, estetika berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel daya tahan dan kesan kualitas tidak berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kinerja, Fitur, Kehandalan, Kesesuian, Daya Tahan, Kemudahan Pelayanan, Estetika, Kesan Kualitas, Keputusan Pembelian.
References
Amrullah. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda”, Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol 13, No 2, ISSN 2528-1127, Hal 116 (Sumber: http://journal.feb.unmul.ac.id diakses pada tanggal 30 Oktober2019 pukul 10:35).
Boyd, dkk. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua Jilid 1. Alih Bahasa: Imam Nurmawan: Yati Sumiharti, S.E. Jakarta: Erlangga.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Jakarta.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2012. Manajemen Operasi. Edisi 9. Jakarta; Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Garry Armstong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kristian, Denny dan Rita Widayanti. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana”, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis,Vol 16, No 1, ISSN 2451-67X, Hal 57 (Sumber: http://ejournal.ukrida.ac.id/ diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 17:23).
Kurniawati, Silvia Widyastuti. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Nexdi Surabaya Selatan” JurnalManajemen dan Kewirausahaan, Vol. 12, No. 2, ISSN 2456-0045 (Sumber: https://journal.managementandentreprener.ac.id diakses pada tanggal 29 Mei 2019 pukul 16:21).
Mowen, John C; Michael Minor. 2008. Consumer Behavior 6ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Munawaroh, Siti. 2011. “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain terhadap Keputusan PembelianKendaraan Bermotor Yamaha Mio di Banjarbaru Kalimantan Selatan”, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 12, No 2, ISSN 2598-0822, Hal 64-76 (Sumber: https://journalpemasaran.stiei.ac.id diakses pada tanggal 02 Januari 2018 pukul 13:06).
Putra, Giardo Permadi. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen”, Jurnal Administrasi Bisnis,Vol 48, No 1, ISSN 2241-68X, Hal 125-131 (Sumber: https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id diakses pada tanggal 01 Januari 2018 pukul 14:25).
Santoso, Heru dan Yoyok Soesatyo. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga TerhadapMinat Beli Nokia Lumia 520 Di Surabaya”, Jurnal IlmuManajemen, Vol 2, No 2, ISSN 2518-1227, Hal 569-570(https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 10:42).
Sinambela, Sarton. 2010. “Pengaruh Merek dan Dimensi Kualitas Pada Produk Sepatu Olah Raga Nike Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol 6, No 1, ISSN 0216-5112, Hal 32 (Sumber: http://portal.kopertis3.or.id/ diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 14:45).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Thomson. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 1, No 1, ISSN 2721-67X, Hal 9 (Sumber: https://jurnal.usu.ac.id/ diakses pada tanggal 30 Oktober 2019 pukul 14:30).
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
_________. 2009. Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit: Marknesis. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sumber lain dari website :
http://www.bps.go.id (diakses pada 12 Januari 2018 pukul 10.02)
https://www.aisi.or.id (diakses pada 12 Juli 2018 pukul 11.32 WIB)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work