KEPUTUSAN BERKUNJUNG BERDASARKAN PENDEKATAN POSITIONING WISATA EDUKASI PADA MUSIUM DI KOTA BOGOR

Authors

  • Erni Yuningsih Universitas Djuanda
  • Erni Kusmiarti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v5i2.2204

Keywords:

Positioning, nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan, kesesuaian dan Keputusan Berkunjung

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis  gambaran positioning wisata edukasi museum, mengetahui  pengaruh positioning wisata edukasi museum terhadap keputusan berkunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Sebagai objek penelitian adalah museum yang ada di Kota Bogor dengan menggunakan metode proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada pengunjung museum. Secara umum penilaian terhadap wisata edukasi museum memberikan kesan pengalaman edukasi dalam hal  menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang sejarah. Keunikan design dan tata ruang setiap koleksi yang ada dimuseum dan kredibilitas yang menyangkut kepercayaan, menjadi hal yang mempengaruhi setiap keputusan ubtuk berkunjung ke museum.Hasil penelitian secara simultan dan parsial variabel nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan, dan kesesuaian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada museum.

 

Kata Kunci: Positioning, nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan, kesesuaian dan Keputusan Berkunjung

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta. Andreansyah, Riezky Bhrammana. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap
Keputusan Berkunjung wisatawan Mancanegara. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3, No. 6, Hal 1-9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Atmaja, Anantawikrama Tungga dkk. 2014. Motodologi Penelitian Bisnis. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Moders. Liberty. Yogyakarta.
Gaffar, Vanessa. 2011. Pengaruh Strategi Positioning Museum Terhadap Kunjungan Wisata Edukasi Di Kota Bandung (Survey Segmen Pasar Generasi Y). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal Vol. 1, No. 1, Hal 57-64. Manajemen Pemasaran Universitas Pendidikan Indonesia.
International Council of Museum. 2007. Museum Definition. Dari International Council of Museum diakses pada Desember 2017: http//icom.museum/the vision/museum-definition/Kertajaya, Hermawan. 2004. Positioning Diferensiasi Brand. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
Lukitaningsih, Ambar. 2013. Pengaruh Brand Positioning Terhadap Niat Beli
Mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 4, No. 1, Hal 1-23. Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2014.Manajemen Pemasaran jasa, Salemba Empat. Jakarta
Maharani, Conny, Rini Andari, Tomy Andrianto. 2014. Pengaruh Brand Positioning Wonderful Indonesia Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara untuk Berkunjung ke Indonesia. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol. IV, No.1, Hal 1-14. Universitas Pendidikan Indonesia.
Muljadi, A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. PT RajaGrafindo Persada.
Jakarta.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. CV. Andi Offset.Yogyakarta.

Sandy Wulan Karamoy 2013. Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk KPR BNI Griya. Jurnal EMBA Vol. 1, No. 3, Hal 16-21. Universitas Islam Malang.
Schouten, FFJ. 1992. Pengantar Didaktik Museum Jakarta Proyek Pembinaan Permuseuman. Jakarta: Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen dan Teori Penerapannya dalam
Pemasaran. PT Ghalia Indonesia Kerjasama dengan MMA-IPB. Bogor. Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Medpress. Yogyakarta

Downloads

Published

2019-12-04

How to Cite

Yuningsih, E., & Kusmiarti, E. (2019). KEPUTUSAN BERKUNJUNG BERDASARKAN PENDEKATAN POSITIONING WISATA EDUKASI PADA MUSIUM DI KOTA BOGOR. Jurnal Visionida, 5(2), 24–38. https://doi.org/10.30997/jvs.v5i2.2204

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 296 times