PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN PAKET PADA PT JNE AGEN 012 CITEUREUP KABUPATEN BOGOR

Lucky Hikmat Maulana, Eka Rahayu

Abstract

Penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh mengenai bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor baik secara simultan maupun parsial. Kuesioner didistribusikan kepada 100 konsumen yang dijadikan sampel. Hasil uji pada validitas serta reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran yaitu produk (X1) sangat baik, harga (X2) sangat baik, lokasi (X3) sangat baik, promosi (X4) sangat baik, orang (X5) sangat baik, proses (X6) baik, layanan pelanggan (X7) sangat baik. Hasil analisis koefisian korelasi memberikan  pengaruh yang sangat kuat antara bauran pemasaran dan keputusan konsumen, dari hasil koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 86,2% oleh bauran pemasaran dan 13,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti physical evidence. Adapun analisis regresi berganda dari uji F (simultan) dan uji t (parsial) menyatakan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor.

Kata kunci : bauran pemasaran, keputusan konsumen, tanggapan konsumen

Keywords

bauran pemasaran, keputusan konsumen, tanggapan konsumen

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari. 2014 . Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta. Salemba Empat.

Mc Daniel, Carl dan Rogers Gates, Riset Pemasaran Kontemporer. Salemba empat. Jakarta.

Sara, Muhamad Taufiq. 2013. Pengaruh Baurann Pemasarann Jasa Terhadapp Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Pada PT JNE Di Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan 23. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni, Wiratno. 2015. Metodologi Penelitian “Bisnis dan Ekonomi”, Cetakan 1. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang dkk. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 2. Cetakan 1. IPB Press. Bogor.

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 1 Cetakan 5. Rajawali Pers. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa “Prinsip, Penerapan, dan Penelitian”, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran “Esensi dan Aplikasi”, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.

http://www.jne.co.id diakses pada 26 November 2017 pukul 13:00

Republik Indonesia. 2009. Undang-undang No. 38 Tahun 2009 tentang Pos.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.