PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BAHAGIA JAYA SEJAHTERA

. Sudarijati, Andri Yani

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pengaruh program keselamatan kesehatan kerja dan kondisi lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan bagian produksi pada PT Bahagia Jaya Sejahtera. Populasi dan sampel berjumlah 36 karyawan bagian produksi pada PT Bahagia Jaya Sejahtera. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner serta wawancara. Uji instrumen dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Analisis data penelitian mencakup analisis regresi berganda, korelasi serta uji signifikasi secara simultan dan parsial. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda program keselamatan kesehatan kerja dan kondisi lingkungan kerja fisik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja dan hasil uji F menyatakan bahwa secara simultan program keselamatan kesehatan kerja dan kondisi lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Sedangkan hasil uji t menyatakan bahwa program keselamatan kesehatan kerja (K3) dan kondisi lingkungan kerja fisik secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

 

Kata Kunci : Program Keselamatan Kerja, Lingkungan Kerja Fisik dan Kinerja Karyawan.

Keywords

Program Keselamatan Kerja, Lingkungan Kerja Fisik dan Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References

Aprilia dan Apriatni. 2016. Pengaruh Kepemimpinan dan K3 Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Teknik PT. PLN (Persero) UPJ-Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 5 No. 1 Maret, hal 1-5.

Arta dan Sari. 2015. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai Kabupaten Badung. Juirnal Vol. 5 No. 1, Maret, hal 19-30.

Busyairi, Tsongku dan Oktaviani. 2014. Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Vol. 13 No. 2, Desember. Hal 112-124.

Kartikasari dan Harini. 2015. Pengaruh Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kantor Jakarta Selatan. Jurnal Visionida, Vol. 1 No. 2, Desember, hal 59-71.

Kasmir, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Mamarimbing. 2014. Pengaruh Keselamatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Pengolahan Batu Di Kabupaten Donggala. E-Jurnal Katalogis. Vol. 2 No. 1, Januari, hal 168-175.

Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

Mathis, Robert L dan John H Jackson. 2006. Manajemen Sumber daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurcahyati dan Rooswidjajani. 2016. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi pada Karyawan Kontrak Bagian Anodizing PT H.P. Metals Indonesia, Ngoro - Mojokerto, Jawa Timur. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3, No. 2, Juni, hal 17-24.

Rosa 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PTPN VI Unit Ophir Sariak. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Vol. 3, No. 2 Mei, hal 187-197.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

___________. 2011. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: CV.Mandar Maju

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan Sembilan Belas. Alfabeta. Jakarta

Suma'mur. 2005. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Gunung Agung. Jakarta

Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS (Center Of Academic Publishing Service). Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.