PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASATERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN PUNDI PADA PT. BPR NUSANTAR BONA PASOGIT 2 JONGGOL
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v5i1.1802Keywords:
Bauran Pemasaran Jasa dan Kepuasan NasabahAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol. Responden diambil 100 orang dengan teknik proporsional random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Hasilnya menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa (produk jasa, tarif jasa, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol. Produk jasa, tarif jasa, tempat, promosi, orang, dan sarana fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah, sedangkan proses tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa dan Kepuasan Nasabah
References
Amilia, Suri dan Ayu Novianti. (2016). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5, No. 1, Hal. 15-25
Anggrariani, Risma dan Aditya Wardana. (2016). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Liquid Bar Bandung”.e-Proceeding Of Management : ISSN: 2355-9357, Vol. 3, No. 1, Hal. 25-31
Benua, Deilvia C., Bernhard Tewal, dan Jacky Sumarauw. (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Siswa pada SMA Katolik Karitas”.Jurnal EMBA. Faculty of Economic and bussiness, Management Departement Sam Ratulangi Universitas, Manado. Vol. 3, No. 2, Hal. 1-10
Elat, Tisye Pingkan, Lotje Kawet, dan Altje Tumbel. (2014). “Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel Manado”.Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Manado. Vol. 2, No. 3, Hal. 56-63
Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Dasar-Dasar Perbankan. Cetakan Kesebelas. Sinar Grafika Offiset. Jakarta
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta CV. Jakarta
Kotler, Philip and Keller Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Kedua belas. PT. Macanan Jaya Cermelang. Jakarta
. 2009. Manajemen Permasaran. Jilid Pertama. Edisi Ketiga belas.
Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip dan Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta
Mohammad, Haruna Isa. (2015). “7PS Marketing Mix and Retail Bank Customer Satisfacation in Northeast Nigeria”.British Journal of Marketing Studies. Department of Management Technology, Modibbo Adama University of Technology, Yola, Adamawa State, Nigeria. Vol.3, No.3, Hal.57-69
Niswonger, 2006. Prinsip-prinsip Akuntansi. Edisi ke sembilan belas. Diterjemahkan oleh Alfonsus
Sirait, Helda Gunawan. Jakarta: Erlangga
Risal, Muhammad. (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi
Empiris Pada Industri Kafe dan Resto Di Kota Palopo”. Prosiding Seminar Nasional. ISSN:
2443-1109, Vol. 3, No. 1, Hal. 1-8
Setiyaningrum, Ari Uday Jusyf & Efendi. 2015. Prinsip- Prinsip Pemasaran. ANDI . Yogyakarta.
Sugiyono. 2013.Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta. Bandung
Sunyoto, Danang. 2007. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CAPS. Yogyakarta
Swastha, Basu. dan Irwan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta
Swasta, Basu. 2009. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen.BPFE, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. CV. Andi Offiset. Yogyakarta
. 2016. Strategi Pemasaran. Edisi keempat. CV. Andi Offiset. Yogyakarta
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada.
Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work