PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASATERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN PUNDI PADA PT. BPR NUSANTAR BONA PASOGIT 2 JONGGOL

Titiek Tjahja Andari, Nursyariah Hasanah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol. Responden diambil 100 orang dengan teknik proporsional random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Hasilnya menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa (produk  jasa, tarif jasa, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol. Produk jasa, tarif jasa, tempat, promosi, orang, dan sarana fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah, sedangkan proses tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah tabungan pundi di PT. BPR Nusantara Bona Pasogit 2 Jonggol.

 

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa dan Kepuasan Nasabah

Keywords

Bauran Pemasaran Jasa dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References

Abdullah Kadhim, Faris, Thaer F Abdullah, dan Mahir F Abdullah. (2016). “Effects of marketing mix on customer satisfaction: empirical study on tourism industry in Malaysia”.International Journal of Applied Research. ISSN: 2394-7500, Vo.1, No. 2, Hal. 50-56

Amilia, Suri dan Ayu Novianti. (2016). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5, No. 1, Hal. 15-25

Anggrariani, Risma dan Aditya Wardana. (2016). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Liquid Bar Bandung”.e-Proceeding Of Management : ISSN: 2355-9357, Vol. 3, No. 1, Hal. 25-31

Benua, Deilvia C., Bernhard Tewal, dan Jacky Sumarauw. (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Siswa pada SMA Katolik Karitas”.Jurnal EMBA. Faculty of Economic and bussiness, Management Departement Sam Ratulangi Universitas, Manado. Vol. 3, No. 2, Hal. 1-10

Elat, Tisye Pingkan, Lotje Kawet, dan Altje Tumbel. (2014). “Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel Manado”.Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi, Manado. Vol. 2, No. 3, Hal. 56-63

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Dasar-Dasar Perbankan. Cetakan Kesebelas. Sinar Grafika Offiset. Jakarta

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta CV. Jakarta

Kotler, Philip and Keller Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Kedua belas. PT. Macanan Jaya Cermelang. Jakarta

. 2009. Manajemen Permasaran. Jilid Pertama. Edisi Ketiga belas.

Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta

Mohammad, Haruna Isa. (2015). “7PS Marketing Mix and Retail Bank Customer Satisfacation in Northeast Nigeria”.British Journal of Marketing Studies. Department of Management Technology, Modibbo Adama University of Technology, Yola, Adamawa State, Nigeria. Vol.3, No.3, Hal.57-69

Niswonger, 2006. Prinsip-prinsip Akuntansi. Edisi ke sembilan belas. Diterjemahkan oleh Alfonsus

Sirait, Helda Gunawan. Jakarta: Erlangga

Risal, Muhammad. (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi

Empiris Pada Industri Kafe dan Resto Di Kota Palopo”. Prosiding Seminar Nasional. ISSN:

-1109, Vol. 3, No. 1, Hal. 1-8

Setiyaningrum, Ari Uday Jusyf & Efendi. 2015. Prinsip- Prinsip Pemasaran. ANDI . Yogyakarta.

Sugiyono. 2013.Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta. Bandung

Sunyoto, Danang. 2007. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CAPS. Yogyakarta

Swastha, Basu. dan Irwan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta

Swasta, Basu. 2009. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen.BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. CV. Andi Offiset. Yogyakarta

. 2016. Strategi Pemasaran. Edisi keempat. CV. Andi Offiset. Yogyakarta

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada.

Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.