PENINGKATAN LOYALITAS PENUMPANG MELALUI STANDAR PELAYANAN MINIMUM PADA KERETA API PANGRANGO JALUR BOGOR -SUKABUMI

Endang Silaningsih, Siti Maelani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh standar pelayanan minimum (SPM) terhadap loyalitas penumpang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Setelah data dinyatakan valid dan reliabel, digunakan uji regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh SPM pada stasiun dan SPM dalam perjalanan terhadap loyalitas penumpang. Selanjutnya dilakukan uji F dan uji-t untuk mengetahui pengaruh SPM pada stasiun dan SPM dalam perjalanan terhadap loyalitas penumpang. Hasil dari semua indikator valid dan reliable. Secara simultan SPM pada Stasiun dan SPM dalam Perjalanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas penumpang. Selanjutnya, secara parsial semua indikator berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas penumpang. Variabel yang memiliki pengaruh lebih besar yaitu SPM dalam perjalanan.

 

Kata Kunci : Standar Pelayanan Minimum pada Stasiun, Standar Pelayanan Minimum dalam Perjalanan dan Loyalitas Penumpang

Keywords

Standar Pelayanan Minimum pada Stasiun, Standar Pelayanan Minimum dalam Perjalanan dan Loyalitas Penumpang

Full Text:

PDF

References

Adnyana, Ketut Ngurah Darma, 2016. Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy pada Inovasi Layanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak Studi Kasus pada Samsat Corner Tiara Dewata. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Denpasar: Undiknas, ISSN 1892-8486, Vol. 13, No. 3, hal. 1-28.

Agung Muhammad Arifin, Dwi Gemina, Endang Silaningsih, 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang pada Fasilitas Bus Transjakarta Berbasis SPM. Jurnal Sosial Humaniora, ISSN 2087-4928, Vol. 6, No. 2, hal. 104-121.

Diona Mahardika K, Veronica dan Supriyono, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 6 Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, ISSN 2337-5221, Vol. 3 No.1, hal. 1-12.

Endang Silaningsih, Dwi Gemina dan Erni Yuningsih, 2015. Transjakarta Company's Strategy and Minimum Service Standard To Raise Passengers Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, ISSN 1411-1438 print/ ISSN 2338-8234 online, Vol 17, No. 1, hal. 1–10.

Fikri, Sirhan, Wahyu Wiyani, Agung Suwandaru, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No. 1, Hal. 120-134.

Griffin, Ricky W, dan Ronald J.Elbert, 2007, Bisnis, edisi kedelapan jilid satu, Terjemahan, Jakarta: Erlangga.

Nasution, 2015. Manajemen Transportasi, Edisi IV, Ghalia Indonesia: Bogor.

Pasuraman, A. 2001. Service Quality, Coral Gables, University of Miami, Library Assesment and Benchmarking Institute Moneterey.

Pirbadi, Dessy, 2014. Pengaruh Product Quality, Service Quality, Image terhadap Loyalty Melalui Satisfaction pada Restoran Sunda di Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa,.7, No.1, hal. 177-198.

PT. KA Pangrango Stasiun Bogor Paledang, 2017. Data Jumlah Penumpang Kereta Api Pangrango Tahun 2016.

Santoso, Septiadi, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Laboratorium Klinik Populer Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol 2, No. 6, hal 1-20.

Semuel, Hatane dan Nadya Wijaya, 2009. Service Quality, Perceived Value, Satisfaction, Trust dan Loyalty pada PT. Kereta Api Indonesia menurut Penilaian Pelanggan Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 4, No. 1, hal 23-37.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Cetakan Ke-23, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.Edisi Pertama, Andi Ofset.

Wendha, A.A Ayu Atika Paramitha, I Ketut Rahyuda, dan I. Gst. A. Kt. G. Suasana, 2013. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, hal. 19-28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.