Eksplorasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Streaming: Perspektif Pengguna Aplikasi Streaming

Authors

  • Shalma Darmayanti Darmayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devita Libri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lukman Hakim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shalma Darmayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tradiva Yafi’ Indiarta Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v10i1.13425

Keywords:

Bstation, user satisfaction, streaming services, PIECES

Abstract

This study aims to assess user satisfaction with the Bstation application using the PIECES method (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service). Questionnaires were distributed to 50 Bstation users at the Indonesian Education University to see user perceptions of PIECES aspects. The results indicated a strong level of satisfaction with application performance, Performance, Information, Efficiency, and Service. However, improvements are needed in the aspects of Economy and control, where users expect more affordable prices and better control over content preferences. Recommendations include re-evaluating the service's tariff structure, transaction and payment methods, as well as improving security in transactions and consumer data protection. These recommendations are expected to improve user satisfaction of competitive streaming services.

 

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna aplikasi Bstation dengan menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economics, Control Efficiency, and Service). Kuesioner disebarkan kepada 50 pengguna Bstation di Universitas Pendidikan Indonesia untuk melihat persepsi pengguna terhadap aspek-aspek PIECES. Hasil penelitian menujukkan tingkat kepuasan yang tinggi pada kinerja aplikasi, yaitu pada aspek Efficiency. Namun, peningkatan diperlukan pada aspek Ekonomi, dalam hal ini pengguna mengharapkan harga yang lebih terjangkau. Rekomendasi yang diberikan meliputi evaluasi ulang terkait struktur tarif layanan, metode transaksi dan pembayaran. Rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan streaming yang kompetitif.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fakta Bstation, Website Video Sharing Tempat Nonton Anime yang Legal dan Gratis! | Dunia Games. (n.d.). Retrieved March 13, 2024, from andi

Admin. (2020, November 4). Pengaruh Teknologi Komunikasi terhadap Manusia. Suara Cirebon. https://suaracirebon.com/2020/11/04/pengaruh-teknologi-komunikasi-terhadap-manusia/

Andi, A., & Jufriyanto, M. (2023). Integration Of The Servqual, IPA, And CSI Methods To Analysis Customers Satisfaction. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 21(1), 42. https://doi.org/10.24014/sitekin.v21i1.23017

Ashsifa, I. (2020). Pengaruh technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan dan niat penggunaan mobile banking secara berkelanjutn (Privasi dan personalisasi sebagai variabel moderasi). technobiz: International Journal of Business, 3(1), 25. https://doi.org/10.33365/tb.v3i1.644

Azzahrah, F., Adian, Y. A. P., & Budiarto, W. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Mobile E-Health berdasarkan Metode End User Computing Satisfaction (Studi di 5 Puskesmas di Kota Surabaya). Jurnal Kesehatan, 11(3), Article 3. https://doi.org/10.26630/jk.v11i3.2219

Dwiyantoro, D. (2019). Analisis dan Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Smart Library AMIKOM Resource Centre dengan Metode Pieces Framework. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 109. https://doi.org/10.29240/tik.v3i2.962

Faqih, H., Mubarok, H., Pangestu, A. T., & Taufan, M. (2024). Implementasi Metode PIECES Framework pada tingkat kepuasan pengguna aplikasi Mypsb Mejasem. 18.

Mahendher, D. S., Sharma, A., Chhibber, P., & Hans, A. (2021). Impact of Covid-19 on digital entertainment industry. 44(01).

Metode penelitian / Moh. Nazir ; editor, Risman Sikumbang | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved May 2, 2024, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=711887

Phongtraychack, A., & Dolgaya, D. (2018). Evolution of Mobile Applications. MATEC Web of Conferences, 155, 01027. https://doi.org/10.1051/matecconf/201815501027

Putra, R. R., & Hidayat, Z. (n.d.). Komunikasi Pemasaran Layanan Video Streaming Dan On Demand Mnc Group (Studi Kasus: Aplikasi Rcti+).

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif .

Siregar, E. H., & Saadillah, F. (2020). Pengaruh User Experience terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Z pada Sistem Pemesanan Mcdelivery Mobile Application di Jawa Barat. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 10(2), 92–101. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30128

Supriyatna, A. (2015). Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XI, No.1 Maret 2015.

Wibowo, R. Y. A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (n.d.). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile).

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Darmayanti, S. D., Libri, D., Hakim, L. ., Darmayanti, S. ., & Indiarta, T. Y. . (2024). Eksplorasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Streaming: Perspektif Pengguna Aplikasi Streaming. Jurnal Visionida, 10(1), 60–65. https://doi.org/10.30997/jvs.v10i1.13425

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times