PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, PERIKLANAN DAN PENJUALAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI GRAND CEMPAKA RESORT AND CONVENTION CIPAYUNG-BOGOR

Authors

  • Lucky Hikmat Maulana
  • Syifa Bunga Nurani Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1315

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan, periklanan dan penjualan personal terhadap keputusan konsumen. Penelitian dilaksanakan di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung-Bogor. Populasi penelitian berjumlah 12,785 dan responden yang dijadikan sampel berjumlah 100 orang yang ditentukan dengan teknik random samling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisa dilakukan dengan  regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi penjualan, periklanan serta penjualan personal secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk  menginap di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung-Bogor. Faktor dominan yang memiliki pengaruh positif serta signifikan adalah promosi penjualan, karena nilai signifikannya lebih besar jika dikomparasikan dengan periklanan dan penjualan personal.

Kata Kunci : Promosi Penjualan, Periklanan, Penjualan Personal dan Keputusan Konsumen.

References

Alma, Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto, 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, Jilid 1, Jakarta: Rajawali Pers.
Darmesta, Basu Swastha, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan, Jakarta:Liberty.
Ferdinand, Augusty, 2005. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategi Research Paper Series No.1, Program Magister Manajemen Undip, Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS, Edisi ketujuh, Semarang: Badan Penerbit, Universitas Diponogoro.
Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta: PT.Prehallindo.
_____Gary Armstrong, 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1,Jakarta: Erlangga ,
_____Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta: Yogyakarta:Erlangga .
Priyatno, Duwi, 2013. Analisis Korelasi Regresi dan Multivarite Dengan SPSS, Gava Media.
Purwanto, Bambang dan Rina Sutha Hayu, 2014, Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Di Supermarket Hypermart, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bengkulu.
Safitri, Yuestha Dina, 2008. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Eat 347 Malang, Skripsi, fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.
Saladin, Djaslim, 2003. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengendalian), Bandung: Linda Karya.
Sugiono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.
_____, 2015. Statistika Untuk Penelitian, Bandung:Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisis 3. Yogyakarta : Andi.
_____,2014. Pemasaran Jasa, Edisi 1,Bandung: Andi,

Downloads

Published

2018-10-11

How to Cite

Maulana, L. H., & Nurani, S. B. (2018). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, PERIKLANAN DAN PENJUALAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI GRAND CEMPAKA RESORT AND CONVENTION CIPAYUNG-BOGOR. Jurnal Visionida, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1315

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 407 times