PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, PERIKLANAN DAN PENJUALAN PERSONAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI GRAND CEMPAKA RESORT AND CONVENTION CIPAYUNG-BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1315Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan, periklanan dan penjualan personal terhadap keputusan konsumen. Penelitian dilaksanakan di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung-Bogor. Populasi penelitian berjumlah 12,785 dan responden yang dijadikan sampel berjumlah 100 orang yang ditentukan dengan teknik random samling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisa dilakukan dengan regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi penjualan, periklanan serta penjualan personal secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung-Bogor. Faktor dominan yang memiliki pengaruh positif serta signifikan adalah promosi penjualan, karena nilai signifikannya lebih besar jika dikomparasikan dengan periklanan dan penjualan personal.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Periklanan, Penjualan Personal dan Keputusan Konsumen.
References
Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto, 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, Jilid 1, Jakarta: Rajawali Pers.
Darmesta, Basu Swastha, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapan, Jakarta:Liberty.
Ferdinand, Augusty, 2005. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategi Research Paper Series No.1, Program Magister Manajemen Undip, Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS, Edisi ketujuh, Semarang: Badan Penerbit, Universitas Diponogoro.
Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta: PT.Prehallindo.
_____Gary Armstrong, 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1,Jakarta: Erlangga ,
_____Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta: Yogyakarta:Erlangga .
Priyatno, Duwi, 2013. Analisis Korelasi Regresi dan Multivarite Dengan SPSS, Gava Media.
Purwanto, Bambang dan Rina Sutha Hayu, 2014, Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Di Supermarket Hypermart, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bengkulu.
Safitri, Yuestha Dina, 2008. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Eat 347 Malang, Skripsi, fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.
Saladin, Djaslim, 2003. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengendalian), Bandung: Linda Karya.
Sugiono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.
_____, 2015. Statistika Untuk Penelitian, Bandung:Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisis 3. Yogyakarta : Andi.
_____,2014. Pemasaran Jasa, Edisi 1,Bandung: Andi,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work