Pengaruh Influencer dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di Kota Kendari
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v10i1.12326Keywords:
Iklan, Influencer, Keputusan Pembelian.Abstract
This study wants to find out further The Influence of Influencer and Advertising on Shopee Consumer
Purchasing Desicions in Kendari City in accordance with the subject matter raised, namely The
Influence of Influencer and Advertising on Shopee Consumer Purchasing Desicions in Kendari City.
This research was conducted on people in Kendari City who have shopped online at the Shopee e
commerce application. The purpose of this study was to determine The Influence of Influencer and
Advertising on Shopee Consumer Purchasing Desicion in Kendari City. The research sample amounted
to 98 respondents. This study uses purposive sampling technique. The data analysis used is quantitative
with multiple linear analysis methods. Based on the partial test (t test), it shows that the Influencer and
Advertising variables have a significant effect on the Shopee consumer Purchasing Desicion variabel
in Kendari City. Furthermore, based on the result of the simultaneous test (F test), the Influencer and
Advertising variabels have a significant effect on the Purchasing Desicion variable in Kendari City.
Based on the value of adj. R Square value it is known that Influencers and Advertising contribute 17,3%,
while the remaining 82,7% is influenced by other variables examnied in this study.
Penelitian ini ingin mengetahui secara lanjut Pengaruh Influencer dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di Kota Kendari sesuai dengan pokok permasalahan yang diangkat yaitu Pengaruh Influencer dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di Kota Kendari. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di Kota Kendari yang pernah berbelanja online di apilikasi e-commerce Shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Iklan dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di Kota Kendari. Sampel penelitian berjumlah 98 responden. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis linear berganda. Berdasarkan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Inflluencer dan Iklan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian konsumen Shopee di Kota Kendari. Selanjutnya berdasarkan hasil uji simultan (uji F) variabel Influencer dan Iklan berpengaruh secara signifkan terhadap variabel Keputusan Pembelian di Kota Kendari. Berdasarkan nilai adj. R Square diketahui bahwa Influencer dan Iklan memberikan kontribusi sebesar 17,3%, sedangkan sisanya sebesar 82,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Abdull Zaellani, Lulcky Hikmat Maullana. 2017. Pelngarulh Cellelbrity Elndorselr dan Pelsan Iklan Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Icel Crelam Walls Corneltto Disc Chocolatel di Kota Bogor. Fakultas Ekonomi: Universitas Djuanda Bogor.
Agulng Walulyo. 2022. Pelngarulh Culstomelr Relvielw Dan Influlelncelr Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Di Onlinel Shop Shopelel delngan Minat Belli Selbagai Variabell Intelrvelning. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: IAINS.
Elka Wullan Sari. 2021. Pelngarulh Influlelncelr Markelting Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Konsulmeln Pada Onlinel Shop Dellonix Stulff di Bandulng. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Pasundan.
Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Mulltivariatel delngan Program IBM SPSS, 25 Selmarang. Ulnivelrsitas Diponelgoro
Iskandar, Stanlely Andhika. 2022. Analisis Pelngarulh Daya Tarik Iklan dan Promosi Pelnjulalan telrhadap Impullsel Bulying pada El-commelrcel Shopelel di Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta.
Kulrnialih, Elndang, Silaningsih, Elrni Yulningsih, Tini Kartini. 2023. Kelpultulsan Pelmbellian Mellaluli Citra Melrelk Promosi dan Kulalitas Produlk. Fakultas Ekonomi: Universitas Djuanda.
Kotlelr, P dan Armstrong. 2018. Prinsip-prinsip Markelting Eldisi kel Tuljulh. Pelnelrbit Salelmba Elmpat. Jakarta.
Mulzhiroh. 2020. Pelngarulh Pelrselpsi Kulalitas, Motivasi dan Gaya Hidulp Konsulmeln Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Smartphonel Oppo (Stuldi Kasuls Pada Masyarakat Kellulrahan Cakulng Barat). Manajemen: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Nulr Fadhillah Nasrull. 2021. Pelngarulh Influlelncelr dan Kulalitas Produlk Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Brand Irliana. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam: Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nanto Pulrnomo. 2021. Pelrselpsi Manfaat Dalam Melmpelngarulhi Kelpultulsan Pelmbellian Onlinel Shop. Ulnivelrsitas Islam Lamongan.
Relsi Apriani. 2021. Pelngarulh Iklan Dan Citra Melrelk Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Konsulmeln Di Shopelel.Co.Id Kota Pelkanbaru. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Rulnggul Belsmandala N, Christin br Sirait, Yullisama Zelga. 2022. Pelngarulh Iklan dan Promosi Pelnjulalan Shopelel Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Mahasiswa. Fakulltas Elkonomi: Ulnivelrsitas Darma Agung.
Rosmiati Binti Gati. 2019. Pelngarulh Iklan dan Citra Melrelk Telrhadap Minat Belli Konsulmeln Pada Produlk Air Lel Minelralel di Kabulpateln Elnrelkang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sulgiyono. 2018. Meltodel Pelnellitian Kulantitatif. Kota Bandulng:Alfabelta
Stanlely Lelmelshow elt. al., Belsar Sampell dalam Pelnellitian Kelselhatan, (Yogyakarta: Gadjah Mada Ulnivelrsity Prelss, 1997)
Yovan Sawir Sapultra. (2017) “Analisis Kelpulasan Pellanggan Telrhadap Kulalitas Layanan Ojelk Onlinel (Wajelk) di Kota Batam.” Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam.
Zakariansyah, Fachmy. 2021. Pelngarulh Iklan, Diskon, dan Kulalitas Pellayanan Drivelr Telrhadap Kelpulasan Pellanggan Gofood (Stuldi Kasuls Pada Wilayah Jakarta Timulr). Manajemen: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Zellin Dinda Pratiwi. 2021. Pelngarulh Influlelncelr Markelting Telrhadap Brand Elqulity dan Kelpultulsan Pelmbellian Konsulmeln Gelnelrasi Z Pada Mahasiswa IAIN Ponorogo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: IAIN Ponorogo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work