KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.11369Keywords:
Brand Image, Promotion, Product Quality, Purchase DecisionAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji citra merk, promosi, kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yellow chiken. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif verifikatif, linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian konsumen terhadap citra merek, kegiatan promosi, kualitas produk dan keputusan pembelian dengan kategori baik. (2) Citra merek, promosi, dan kualitas produk baik secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Yellow Chicken. Untuk meningkatkan keputusan pembelian diyellow chicke dapat dilakukan dengan cara menggali ciri khas produk, memperhatikan kualitas bahan baku utama yang digunakan dan perlu menentukan kegiatan promosi yang tepat.
References
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Manajemen pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ervina, V., & Meitriana, M. A. (2021, April). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Merek Moola Pendawa. Jurnal Manajemen, Vol.7 No. 1, P-ISSN: 2476-8782, 56-61.
Ervina, V., & Meitriana, M. A. (2021, April). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Merek Moola Pendawa. Jurnal Manajemen, Vol.7 No. 1, P-ISSN: 2476-8782, 56-61.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merk. CV. Penerbit Qiara Media.
Hermansyur, HM; Aditi, Bunga. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian mobil merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 3. 154-165.
Hizbullah, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Yogyakarta Tahun 2017). Journal Riting Format For Final Project Telkom University, Vol. 3, No.2, ISSN: 2442-5826, , Hal: 179-185.
Junaedi, & Andari, T. T. (2015, Desember). Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Berbasis Android di Kota Bogor. Junal Visionida, Vol.1 No.2, 32-48.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1 & 2. Jakarta: PT.Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT Indeks.
Kusmadeni, D. (2020). Pengaruh Harga Kompetitif, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen CV Integrity Pangkal Pinang. Jurnal Kompetensi, Volume 14, 203-222.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Mustakim, Rusman, E., & Sofiany, I. R. (2021, November). Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol.17 Special. Issue, ISSN : 2684-7035; DOI: 10.19184/ikesma.v0i0.27203, 1-12.
Nadhwatul, Haramaini; Rachma, N; Slamet, Afi Rahmat. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Volume 8, 95-111.
Nurani, S. B., & Maulana, L. H. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Periklanan dan Penjualan Personal Terhadap Keputusan Konsumen Menginap di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung Bogor. Jurnal Visionida, Volume 4N, 34-44.
Priandewi , N. M., fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di e-commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Bingkai Ekonomi, Vol. 7, No(ISSN 2502-1818), 1-10.
Ristanti, A. (2020). Pengaruh kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8 No. 3, 1026-1037.
Yulianingsih. (2018, Desember). Hubungan Antara Kualitas Produk dan Citra Merek dengan Keputusan Pembelian pada PT. Hyundai Mobil Indonesia Cabang Serpong Tangerang. Jurnal Visionida , Vol.4 No.2, 23-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 (Jurnal Visionida)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work