KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK

Authors

  • Kurnialih Universitas Djuanda
  • Endang Silaningsih Universitas Djuanda
  • Erni Yuningsih Universitas Djuanda
  • Tini Kartini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.11369

Keywords:

Brand Image, Promotion, Product Quality, Purchase Decision

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji citra merk, promosi, kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yellow chiken. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif verifikatif, linear berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penilaian konsumen terhadap citra merek, kegiatan promosi, kualitas produk  dan keputusan pembelian dengan kategori baik.  (2) Citra merek, promosi, dan kualitas produk baik secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Yellow Chicken. Untuk meningkatkan keputusan pembelian diyellow chicke dapat dilakukan dengan cara menggali ciri khas produk, memperhatikan kualitas bahan baku utama yang digunakan dan perlu menentukan kegiatan promosi yang tepat.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Manajemen pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ervina, V., & Meitriana, M. A. (2021, April). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Merek Moola Pendawa. Jurnal Manajemen, Vol.7 No. 1, P-ISSN: 2476-8782, 56-61.

Ervina, V., & Meitriana, M. A. (2021, April). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Merek Moola Pendawa. Jurnal Manajemen, Vol.7 No. 1, P-ISSN: 2476-8782, 56-61.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merk. CV. Penerbit Qiara Media.

Hermansyur, HM; Aditi, Bunga. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian mobil merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 3. 154-165.

Hizbullah, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Yogyakarta Tahun 2017). Journal Riting Format For Final Project Telkom University, Vol. 3, No.2, ISSN: 2442-5826, , Hal: 179-185.

Junaedi, & Andari, T. T. (2015, Desember). Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Berbasis Android di Kota Bogor. Junal Visionida, Vol.1 No.2, 32-48.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1 & 2. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT Indeks.

Kusmadeni, D. (2020). Pengaruh Harga Kompetitif, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen CV Integrity Pangkal Pinang. Jurnal Kompetensi, Volume 14, 203-222.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mustakim, Rusman, E., & Sofiany, I. R. (2021, November). Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol.17 Special. Issue, ISSN : 2684-7035; DOI: 10.19184/ikesma.v0i0.27203, 1-12.

Nadhwatul, Haramaini; Rachma, N; Slamet, Afi Rahmat. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, Volume 8, 95-111.

Nurani, S. B., & Maulana, L. H. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan, Periklanan dan Penjualan Personal Terhadap Keputusan Konsumen Menginap di Grand Cempaka Resort and Convention Cipayung Bogor. Jurnal Visionida, Volume 4N, 34-44.

Priandewi , N. M., fadhilah, M., & Maharani, B. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di e-commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Bingkai Ekonomi, Vol. 7, No(ISSN 2502-1818), 1-10.

Ristanti, A. (2020). Pengaruh kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8 No. 3, 1026-1037.

Yulianingsih. (2018, Desember). Hubungan Antara Kualitas Produk dan Citra Merek dengan Keputusan Pembelian pada PT. Hyundai Mobil Indonesia Cabang Serpong Tangerang. Jurnal Visionida , Vol.4 No.2, 23-38.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Kurnialih, Silaningsih, E., Yuningsih, E., & Kartini, T. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK . Jurnal Visionida, 9(2), 174–190. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.11369

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 14 times