PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP MINAT GEN Z BERKUNJUNG KEMBALI KE MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO

Authors

  • Asnita Julianis Universitas Negeri Padang
  • Dwi Pratiwi Wulandari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.10836

Keywords:

Perceived Value, Gen Z, Revisit Intention

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalis pengaruh antara perceived value terhadap minat gen z berkunjung kembali ke Museum Kereta Api Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini digolongkan kepada penelitian assosiatif kausal dengan metode survei, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  data primer dan sekunder, dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 86 responden yang ditentukan secara purposive sampling dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner serta sudah teruji normalitas dan reliabilitanya. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel perceived value  secara keseluruhan dikategorikan baik dengan persentase 48,8%,variabel minat berkunjung kembali secara keseluruhan dikategorikan baik dengan persentase 55,8%. Kemudian setelah kedua varibel tersebut dianalisis dan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh perceived value terhadap minat gen z berkunjung kembali sebesar 48,8%.

References

Abiyyu, M. D. N., Amanda, S. P. G., Yusnateti, Y., & Wulandari, D. P. (2023). Analisis Minat Berkunjung Kembali Generasi Z ke Objek Wisata Mifan Waterpark Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. NAWASENA: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 91-109

Ali Akbar. 2010.Museum di Indonesia: Kendala dan Harapan. Jakarta: Papas Sinar Sinanti

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta; 2010..

Chotimah S, Setiawan Wahyudi H. Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction Pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Ekon Bisnis. 2019;24(1):1. doi:10.17977/um042v24i1p1-11

Dimas, E.W.(2018). Pengaruh Perceived Value,Citra Destinasi, dan Motivasi pengujung, Terhadap Revisist Intention Melalui Kepuasan Pengunjung Wisata Rainbow Rafting Pemalang Skripsi diajukan kepada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Firmansyah, David, & Dorojatun Prihandono. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan. Management Analysis Journal Vol. 7 (1),201-212

Hallak & Assaker (2013). Pengaruh Citra destinasi pariwisata Waduk Sermo terhadap minat wisatawan berkunjung ulang. Skripsi diajukan kepada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer Repurchase Intention. European Journal Of Marketing, 37(11/12), 1762– 1800.

Kozak, M., & Rimmington, M. (2000). Tourist Satisfaction With Mallorca, Spain, As An Off-Season Holiday Destination. Journal Of Travel Research, 38(3), 260–269. Https://Doi.Org/10.1177/004728750003800308

Petrick, J. F. (2004). First Timers’ And Repeaters’ Perceived Value. Journal Of 117 Travel Research, 43(1), 29–38.

Ramseook-Munhurrun, P., Seebaluck, V. N., & Naidoo, P. (2015). Examining The Structural Relationships Of Destination Image, Perceived Value, Tourist Satisfaction And Loyalty: Case Of Mauritius. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 175(230), 252–259. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.01.1198

Rozi Fachrul (2020). Pengaruh perceived value Terhadap Revisit intention di Istano Basa Pagaruyuang. Management Analysis Journal Vol. 7 (1),210-222

Suariedewi, A. M., & Sulistyawati, E. (2016). Peran perceived value memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2022). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sriwidjaja, Roby. 2013. Pengembangan Daya Tarik Museum. Yogyakarta: Amara Books.

Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2001). Consumer Perceived Value : The Development Of A Multiple Item Scale, 77, 203–220.

Waheed, N., & Hassan, Z. (2016). Influence of Customer Perceived Value on Tourist Satisfaction and Revisit Intention: A study on Guesthouses in Maldives. International Journal of Accounting and Business Management, 4(1), 98–119.

Wibowo, S. F. (2016). The Influence Of Destination Image And Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention Of Setu Babakan Betawi Cultural Village, 7(1), 136–156.

Zeithaml, V. A. (2018). Consumer Perceptions Of Price, Quality, And Value: A Means-End Model And Synthesis Of Evidence. Journal Of Marketing, 52(3), 2–22. Https://Doi.Org/10.2307/1251446

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Julianis, A., & Wulandari, D. P. . (2023). PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP MINAT GEN Z BERKUNJUNG KEMBALI KE MUSEUM KERETA API KOTA SAWAHLUNTO. Jurnal Visionida, 9(2), 165–173. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i2.10836

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 23 times