EVALUASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.484Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara perencanaan pembelajaran IPS dalam mengimplikasi pendekatan saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan. Penelitian evaluasi yang dilaksanakan menerapkan model stake meliputi tahap: 1) antecedents, 2) transactions, dan 3) outcomes. Namun, dalam penelitian ini dibatasi pada antecedents. Subjek penelitian adalah guru IPS dan peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru IPS. Instrumen yang digunakan adalah daftar cek lis. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif membandingkan hasil penelitian evaluasi dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian evaluasi memperlihatkan adanya tingkat kesesuaian perencanaan pembelajaran IPS dalam penerapan pendekatan pembelajaran saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan yang telah ditentukan memperlihatkan skor rerata sebesar 24,33 sehingga memiliki kategori baik.Downloads
Published
2016-04-20
How to Cite
Hartati, Y. (2016). EVALUASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1). https://doi.org/10.30997/jsh.v7i1.484
Issue
Section
Articles