EVALUASI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Yumi Hartati Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.482

Keywords:

evaluasi, karakter, pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kesesuaian pelaksanaan, pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada SDIT Al-Utsmaniyah Citeureup Kabupaten Bogor dengan standar proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model stake dalam membandingkan kesesuaian antara pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada SDIT Al-Utsmaniyah Citeureup Kabupaten Bogor dengan standar proses pendidikan sebagai kriteria standar untuk menilai keberhasilan pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik SDIT Al-Utsmaniyah Citeureup Kabupaten Bogor yang telah mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Subjek penelitian adalah guru IPS dan peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik statistik deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran realitas tentang pelaksanaan program pembelajaran IPS yang mengintegrasikan karakter di SDIT Al- Utsmaniyah Citeureup Kabupaten Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara pelaksanaan program pembelajaran IPS pada SDIT Al-Utsmaniyah Citeureup Kabupaten Bogor dengan standar proses pendidikan adalah proses pelaksanaan pembelajaran menunjukkan skor rerata 2,62 sehingga berada pada kategori baik.

Author Biography

Yumi Hartati, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Brinkerhoff, R.O., et.al, (1987). Program evaluation: a practitioner’s guide for trainers and educationer. (4th ed.). Boston: Keluwer Nijboff Publishing.
Depdiknas. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Depdiknas 2003)
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Doni Kesuma A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Ellis, A.K. (1997). Teaching and learning elementary social studies. Boston: A Viacom Company.
Griffin, P. & Nix, P. (1991). Educational assessment and reporting. Sydney: Harcout Brace Javanovich Publisher.
Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Kirkpatrick, D.L. (1998). Evaluating training programs, the four levels. (2nd ed.). San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher Inc.
Muchlas Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Robinson, B. (8 Januari 2002). The CIIP approach to evaluation. Artikel 2564. Diambil pada tanggal 7 Februari 2015, dari http://Jurnal. uny.ac.id/index.php/jpv/artikel/download. 2118.html.
Fatimah S. 2013. Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Forum Sosial. Vol. VI Nomor 02 September 2013.
Stark, J.S. & Thomas, A. (1994). Assessment and program evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.
Suharsimi Arikunto & Jabar, C.S.A. (2008). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoretis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Supardi. (2011). Dasar-dasar ilmu sosial. Yogyakarta: Ombak.
Tayibnapis, F.H. (2000). Evaluasi program. Jakarta: Rineka Cipta.
Tague-Sutclife, J.M., “Some perspective on the evaluation of information retrieval system”,Journal of the American Society for Information Science, 47(1), 1996 : 1-3.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono. 2010. Model pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan, proceedings of the 4th international conference on teacher education; join conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

Hartati, Y. (2018). EVALUASI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 80–89. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.482

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 543 times